Mohon tunggu...
Topan Nugraha Suparno
Topan Nugraha Suparno Mohon Tunggu... Guru - ASN PPPK Guru Teknik Komputer dan Jaringan

Amati Tiru Modifikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

30 Januari 2023   10:41 Diperbarui: 30 Januari 2023   10:49 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Best Practice menggunakan metode star merupakan tugas dari LMS PPG Katagori 1 Gelombang ke 2 untuk rencana tindak lanjut. Best Practice menggunakan Metode STAR( Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak). Dalam penyusunan Best Practice ini diambil dari sumber hasil tugas sebelumnya pada LMS yaitu LK 1s/d LK 2 sehingga memudahkan dalam pembuatan praktik yang paling baik saat pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dengan pendekatan TPACK. Latar belakang yang penulis munculkan dalam pembuatan best practice sesuai dengan temuan pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas yaitu pertama motivasi belajar siswa rendah yang kedua guru kurang memahami metode pembelajaran inovatif. Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena dapat menjadi pembelajaran bagi kita sebagai guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif yang tepat dikelas sehingga proses kegiatan belajar mengjar lebih menyenangkan. Tantangan untuk mencapai tujuan adalah kurangnya pemahaman dalam penggunaan model pembelajaran inovatif. Yang terlibat pada kegiatan ini adalah penulis, peserta didik, dosen pembimbing, guru pamong, teman sejawa. wakasek, kepala sekolah dan pengawas. Langkah-langkah dalam kegiatan ini penulis menggunakan model pembelajaran Problem Based learing yang terdiri dari 5 sintak. fase 1 orientasi pada peserta didik, fase 2 mengorganisasikan peserta didik, fase 3 membimbing penyelidikan individu dan kelompok, fase 4 menyajikan hasil, fase 5 menganalisis dan mengevaluasi prose pemecahan masalah. Pada kegiatan ini penulis mengguanakan pendekatan TPACK yaitu menggunakan youtube, power point, kahoot, padlet, google form dan wordwall. Refleksi hasil dan dampak menurut wawancara dari wakasek kurikulum, model problem based learning mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pendekatan TPACK, peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran dan menggunakan metode diskusi kelompok agar peserta didik dapat terlibat aktif  dan sehingga refleksi dari pemilihan model problem based learning sangat efektif dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas dan membuat guru menjadi terbiasa menggunakan metode pembelajaran inovatif 

Berikut Link Best Practice:

https://drive.google.com/file/d/1WkBkmCk_Wi5ZLS7I0GfRjGT0yQuO7CeN/view?usp=share_link

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun