Mohon tunggu...
Muhammad Taufan
Muhammad Taufan Mohon Tunggu... Penulis - -

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman di Dunia Konstruksi

18 Januari 2022   17:15 Diperbarui: 18 Januari 2022   17:25 195 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dunia Konstruksi (Sumber: pixabay.com/)

Dunia konstruksi merupakan dunia yang selalu digaungkan akhir-akhir ini. Alasan selalu digaungkan karena ketika dunia konstruksi itu berjalan maka akan memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan sehari-hari masyarakat. Contoh apabila didalam suatu daerah dibangun sebuah jalan maka secara perlahan-lahan daerah tersebut akan terjadi sebuah koneksi antara satu wilayah dengan daerah tersebut. Bahkan ketika sudah terhubung maka secara langsung didepan mata nanti akan tumbuh kegiatan ekonomi yang dapat mampu merubah ekonomi masyarakat.

Walaupun memiliki sisi baiknya seperti yang telah dipaparkan diatas nyatanya dunia konstruksi memiliki sisi kurang baik. Dimana sisi kurang baik tersebut dapat terlihat dari banyaknya terjadi kecelakaan kerja didalam dunia konstruksi. Ya, harus diakui bahwa kecelakaan kerja didalam dunia konstruksi selalu menjadi bayangan hitam yang menghantui setiap tenaga kerja yang terlibat.

Kecelakaan Kerja (Sumber: money.kompas.com/)
Kecelakaan Kerja (Sumber: money.kompas.com/)

Masih ingatkah kita akan peristiwa yang terjadi pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Didalam proyek tersebut terjadi sebuah pilar yang roboh serta menimpa dua ekskavator. Itulah satu dari sekian banyak kecelakaan didalam dunia kerja. Contoh sederhana lainnya adalah ketika seseorang pekerja tidak sengaja menjatuhkan palu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Kemudian palu yang jatuh tersebut mengenai seseorang yang tidak menggunakan APD. Pastinya seseorang yang ada dibawah tersebut akan mengalami kecelakaan kerja akibat palu yang jatuh tersebut.

Kita sebagi pihak yang bekerja didalam dunia konstruksi pastinya mengetahui akan adanya kecelakaan kerja yang menghantui tersebut. Tetapi untuk menciptakan zero accident rasanya cukup sulit direalisasikan walaupun bisa apabila pihak yang terlibat dapat mau mencapai zero accident tersebut. Didalam dunia konstruksi ada banyak sekali pendapat yang menjadi kambing hitam atas kecelakaan kerja yang sudah terjadi dari mulai alat yang digunakan sampai diakhir selalu tenaga kerja.

Untuk mencapai zero accident didalam dunia konstruksi hal pertama yang harus dilakukan yaitu memberikan sebuah pengertian dan keinginan kepada setiap pihak yang terlibat. Tentunya zero accident harus melibatkan banyak pihak apalagi kegiatan dunia konstuksi melibatkan beberapa pihak didalamnya. Sehingga apabila hanya beberapa pihak saja yang terlibat serta mendukung zero accident rasanya kurang maksmimal. Alangkah lebih baiknya jika keinginan zero accident dimulai sejak tahap sebelum pembangunan sehingga benar-benar dari mulai awal sampai akhir proses konstruksi sudah menerapkan keinginan zero accident.

Perencanaan Zero Accident Di Dunia Konstruksi

Disini pihak yang terlibat didalam proses kegiatan konstruksi harus dapat membuat perencanaan keselamatan kerja yang aman demi tercapainya zero accident. Akan sangat kurang bagus apabila perencanaan keselamatan kerja didalam proses konstruksi hanya melibatkan satu pihak saja. Alasannya karena proses kegiatan konstruksi biasanya melibatkan beberapa pihak dari mulai pihak plambing, pihak elektrik, pihak stuktur, dan pihak-pihak lainnya. Maka jika hanya berfokus kepada keselamatan kerja satu bidang saja didalam proses kegiatan konstruksi rasanya kurang baik karena masih dapat berpotensi terjadi kecelakaan kerja. Walaupun banyak pihak yang terlibat didalam proses kegiatan konstruksi nyatanya jika dianalisis secara umum untuk mendapatkan perencanaan atas tercapainya zero accident ada beberapa hal yang harus direncanakan. Dimana beberapa hal secara umum tersebut dari mulai berkas yang memaparkan alur kejelasan ketika terjadi kecelakaan kerja, penerapan Keselamatan kerja, sampai asuransi.

Berkas Memaparkan Alur Kejelasan Ketika Terjadi Kecelakaan

Sebelum memulai proses kegiatan konstruksi pastinya setiap pihak akan memaparkan kegiatannya didalam sebuah berkas. Disitulah setiap pihak harus juga dapat memaparkan atas bagaimana cara setiap pekerja agar tidak terjadi kecelakaan kerja ketika bekerja. Pemaparan bagaimana cara menghindari kecelakaan kerja juga harus dipaparkan secara terinci sampai jelas. Maksud dari jelas disini berkas tersebut harus dapat memaparkan siapa pihak yang bertanggung jawab, alur ketika terjadi kecelakaan kerja, sampai tindakan apa yang harus dilakukan untuk kedepannya. Agar lebih baik berkas kegiatan tersebut tentunya harus di terima oleh setiap pihak yang terlibat agar dapat menjadi sebuah pedoman keselamatan kerja didalam proyek konstruksi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan