Mohon tunggu...
Muhammad Taufan
Muhammad Taufan Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Melakukan Kegiatan Bukber Virtual di Tengah Pandemik

25 April 2021   09:22 Diperbarui: 25 April 2021   09:30 348 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melakukan Kegiatan Bukber Virtual di Tengah Pandemik
Bulan Ramadhan (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/ramadan-ramadhan-malam-agama-3461512/)

Pada bulan Ramadhan kali ini bukber yang biasa dilakukan kini harus berganti menjadi bukber virtual. Ya, memang mau tidak mau wabah pandemik virus Corona yang terjadi benar-benar merubah berbagai kebiasaan yang telah ada didalam masyarakat. Saat sebelum pandemik virus Corona acara bukber dapat dilakukan secara langsung bertatapan.

Tetapi tidak hanya bertatapan bukber secara langsung juga memiliki kelebihan seperti dapat mengobrol, foto bareng, dan masih banyak lagi. Namun kini semua itu hanya tinggal kenangan karena tidak bisa melakukan akibat wabah pandemik virus Corona yang terjadi.

Bukber merupakan kegiatan yang ditunggu, kenapa???.

Hampir bisa dikatakan bahwa sebagai orang sangat senang sekali melakukan kegiatan bukber. Buktinya dari jenjang pendidikan seperti SD, SMP, sampai SMA terkadang masih melakukan bukber ketika berada di bulan Ramadhan. Adanya kondisi tersebut bisa dikatakan bahwa kegiatan bukber merupakan kegiatan yang diminati oleh banyak orang.

Berkumpul sambil berbincang-bincang tentang berbagai hal sambil menunggu waktu azan magrib terasa sebentar. Dari hasil berbincang-bincang tersebut banyak sekali pembahasan yang dapat diangkat seperti pengalaman hidup, pencapaian hidup, bahkan kekonyolan dimasa lalu. Semua itu terbalut menjadi hangat karena terjadi kembali kebersamaan antara setiap orang. 

Alasan pentingnya melakukan bukber virtual ditengan wabah pandemik.

Bukber Virtual (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/webinar-video-konferensi-skype-4216601/)
Bukber Virtual (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/webinar-video-konferensi-skype-4216601/)

Tentunya jika harus memberikan alasan ada banyak sekali alasan yang dapat dipaparkan oleh penulis pada tulisan ini. Namun untuk menyingkat pada tulisan penulis akan memaparkan satu hal. Satu hal tersebut adalah untuk tetap melestarikan kebiasaan setiap tahun yang sudah berlangsung dengan cukup lama ditengah kehidupan masyarakat.   

Selain itu melaksanakan kegiatan bukber virtual juga memberikan banyak sekali manfaat yang didapatkan. Pertama yaitu menjadi ajang untuk berbagi cerita akan pengalaman hidup yang dilalui. Kedua yaitu mendapatkan informasi yang bermanfaat baik itu akan keuangan, kehidupan, percintaan, sampai pekerjaan. Ketiga yaitu merajut kembali ikatan yang dulu sempat merenggang akibat tingginya aktifitas masing-masing.

Melakukan kegiatan bukber virtual ternyata mengandung sebuah tantangan yang cukup besar. Dimana tantangan tersebut berupa rasa bosan diantara para peserta kegiatan bukber virtual. Munculnya rasa bosan disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi didalam pelaksanaan kegiatan bukber virtual. Sebagai contoh faktor-faktor tersebut yaitu internet yang lama membuat seseorang menjadi bosan karena layar menyuguhkan sisi visual sampai sisi audio yang lama, tidak adanya interaski yang dilibatkan atau bisa dikatakan dicuekin, dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x