Gayahidup

Menulis

14 November 2017   17:02 Diperbarui: 14 November 2017   18:23 132 0 0
Menulis
Koleksi Pribadi

Menulis merupakan sesuatu hal yang sangat tidak asing lagi bagi masyarakat. Dari mulai anak kecil sampai orang dewasa tentunya pernah melakukan kegiatan menulis. Untuk sebagian orang juga memiliki anggapan bahwa kegiatan menulis ini merupakan kegiatan yang mudah untuk di lakukan. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk sebagian masyarakat lainnya beranggapan bahwa menulis merupakan salah satu kegiatan yang susah untuk di lakukan.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa kegiatan menulis memiliki berbagai macam manfaat salah satu manfaatnya yaitu pertama sebagai media penyalur strees. Tentunya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyalurkan strees yang diterima namun salah satunya caranya yaitu dengan menulis. Ketika anda sedang menulis tentunya anda bisa mengeluarkan berbagai macam hal yang ada di dalam hati dan pikiran anda tanpa ada halangan. Setelah anda mengeluarkan itu semua dalam bentuk tulisan tentunya anda akan merasa lega.

Manfaat kedua dari menulis adalah media berbagi. Saat anda mendapatkan pengalaman yang menarik dalam hidup tentunya anda ingin sekali membagikan pengalaman itu kepada orang lain. Salah satu cara agar dapat membagikan pengalaman hidup anda kepada orang lain yaitu dengan bentuk tulisan. Jika kualitas tulisan anda bagus dan dapat menyentuh para pembaca maka tulisan anda bisa saja menjadi sebuah pelajaran hidup bagi orang lain khusunya para pembaca. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari menulis namun salah satunya telah disebutkan di atas.

Dalam kehidupan ini tentunya akan ada banyak sekali hambatan begitu juga dengan  menulis. Salah satu hambatan yang dirasakan para penulis ketika mau menulis yaitu tidak yakin akan dengan tulisan yang dibuat akan diterima oleh para pembaca, terlalu banyaknya komentar yang bersifat negatif dibandingkan bersifat positif sehingga para penulis kehilangan rasa percaya diri akan tulisan yang dihasilkan, kurangnya bahan untuk penulis sehingga para penulis kurang dalam ketika membuat tulisannya. Namun ada satu masalah lainnya yang akan dihadapi oleh penulis masalah itu adalah dimana tempat untuk mempublikasi dan membagian tulisan yang telah di buat oleh penulis. Solusi untuk tempat mempublikasi dan membagikan tulisan untuk para penulis salah satunya adalah kompasiana.

Saya bergabung dengan kompasiana ini masih bisa dibilang cukup baru. Memang harus saya akui ketika saya mulai pertama kali menulis di kompasiana dan mengunggah tulisan saya ada banyak sekali pertanyaan dan kekhawatiran yang ada di dalam pikiran saya. Dengan banyak pertanyaan dan kekhawatiran itu sempat membuat saya berfikir untuk berhenti dan tidak melanjutkan tulisan saya di kompasiana. Namun setelah tulisan kedua dan ketiga saya di unggah di komasiana membuat pertanyaan dan kekhawatiran saya mulai berkurang.

Dengan saya menulis di kompasiana ada banyak sekali pelajaran yang saya dapat. Salah satu pelajaran yang saya dapat adalah cara menulis yang menarik untuk pembaca, memilih kata demi kata agar tulisan mudah di pahami oleh para pembaca, melatih kepekaan saya terdapat kebutuhan infomasi yang di butuhkan oleh para pembaca, dan masih banyak lagi.

Sumber gambar : https://event.kompasiana.com/kompasiana/59ec511fa01dff4a1d5c4ac2/9-tahun-kompasiana-kenangan-di-kompasiana
Sumber gambar : https://event.kompasiana.com/kompasiana/59ec511fa01dff4a1d5c4ac2/9-tahun-kompasiana-kenangan-di-kompasiana

9 th kompasiana telah menjadi suatu tempat bagi para penulis untuk menulis dan mempublikasikan tulisanya. Di 9 tahun kompasiana ini merupakan waktu yang tidak mudah untuk di capai. Pastinya saat melewati waktu yang lama itu akan ada banyak sekali hambatan, tantangan, dan masalah yang di hadapi namun tetap kompasiana ini mampu bertahan. Maka dari itu kompasiana haruslah terus berinovasi, kreatif, mau memberbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan masih banyak lagi agar kompasiana ini tetap bertahan di kemudian hari. Sebagai kata akhir dari tulisan ini saya ucapkan selamat kepada kompasiana yang telah berulang tahun yang ke 9 semoga kompasiana ini dapat selalu menginspirasi banyak orang di luar sana. Terima kasih.