Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Berbesar Hati, Empat Blunder STy, dan Timnas Laos U-19

14 Juli 2022   21:26 Diperbarui: 14 Juli 2022   22:19 446 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Instagram PSSI


Bisa jadi, kendati Piala AFF U-19 2022, sudah berakhir pada Jumat, 15 Juli 2022, setelahnya akan masih ada sikap-sikap saling provokatif, oleh pihak-pihak terkait, baik yang dishare melalui media sosial mau pun via media massa. Atau oleh media massa sendiri. 

Pasalnya, drama laga terakhir fase Grup A antara Vietnam U-19 vs Thailand U-19, memang cukup menyesakkan bagi Timnas Indonesia U-19, PSSI, dan publik sepak bola nasional yang sesuai aturan head to head harus tersingkir tidak masuk Babak Semi Final.

Jangan memancing, berbesar hati

Terbaru, PSSI pun membikin media asal Vietnam, The Thao247 (14/7/2022) angkat bicara karena tersindir.

"Setelah Vietnam dan Thailand kalah, banyak reaksi masyarakat (Indonesia). Namun, paling menonjol adalah unggahan PSSI," tulis The Thao247.
"Setelah laga semifinal berakhir, akun Instagram PSSI memposting foto Shin Tae-yong. Patut dicatat bahwa di bagian caption, PSSI hanya menuliskan ikon mata," lanjutnya.

Apa yang diunggah oleh akun Instagram PSSI, berupa potret Shin Tae-yong (STy) dengan wajah melotot, memang terkesan ada sesuatu yang dituju. Karenanya, jujur sebagai bagian dari publik pecinta sepak bola nasional, saya kurang respek dengan apa yang dilakukan oleh admin Instagram PSSI itu. Untuk apa masih memancing?

Pertanyaannya lagi, apakah STy sebelumnya sudah dikonfirmasi oleh admin/PSSI, bahwa fotonya akan ditampilkan seiring dengan kekalahan Vietnam U-19 dan Thailand U-19 dari Malaysia U-19 dan Laos U-19, demi tujuan tertentu? Menyindir misalnya? Seperti yang dituduhkan The Thao247.

Ayolah berbesar hati. Bila sudah ditempuh jalur resmi, protes ke AFF, tunggu saja hasil dari tindakan AFF atas insiden laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19. Bila nanti hasilnya sudah ada. Apakah positif atau negatif, maka berjiwa besar,  sikapi dengan bijak. Tutup lembaran buram Piala AFF U-19 2022.

Blunder STy?

Di luar persoalan tersebut, sejatinya ada hal yang lebih penting diperhatikan oleh PSSI dan publik sepak bola nasional, terhadap sepak terjang STy dalam Piala AFF U-19 2022 bersama Timnas U-19.

Sudah banyak artikel saya tulis menyoal prestasi, kompetensi, kualitas, hingga pengaruh keberadaan STy bagi Timnas sepak bola Indonesia hingga faktanya, di tangan STy, ranking FIFA Indonesia naik puluhan digit. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, dan kehadiran STy, benar-benar membuka mata publik Asia Tenggara, Asia, dan Dunia, bahwa sepak bola Indonesia sedang berproses memberi ancaman kepada semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan