Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Timnas U19 Miskin "TIPS", Sanggupkah Atasi Brunei Darussalam?

3 Juli 2022   20:34 Diperbarui: 4 Juli 2022   10:27 432 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Sebagai tim yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, penampilan Timnas Indonesia U-19, meski tampil di hadapan suporter sendiri, saat meladeni Vietnam U-19 jauh dari ekspetasi publik sepak bola nasional. Terlebih tidak mampu menang karena masalah mendasar yang klasik, biasa terjadi pada Timnas di berbagai level usia selama ini, yaitu lemah teknik, intelegensi, personality, dan speed (TIPS).

Dalam laga kedua, meski punya portofolio bagus dengan Timnas U-20 Korea Selatan, Shin Tae-yong (STy) bukan tukang sulap yang dalam tempo dua hari dapat mengubah performa Garuda Muda seperti yang diharapkan. Sebab, meski Brunei Darussalam baru dibantai 7-0 oleh Myanmar, belum tentu pasukan STy mengikuti jejak Myanmar. Mampu menang 7-0 atau lebih, bila TIPS-nya masih sama saat seperti versus Vietnam U-19, masih egois dan individualis, hasil tak memuaskan bukan tak berati kembali terulang

Melawan Timnas Brunei Darussalam U-19 dalam lanjutan Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022) malam, Indonesia jelas bukan sekadar membutuhkan poin penuh untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Minimal, untuk aman, Indonesia wajib menang dengan selisih 8 gol atas Brunei demi melewati Myanmar dan bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Namun, belum terlihatnya para pemain yang kini ada di Timnas U-19 yang memiliki bakat alam sebagai penjebol gawang lawan, karena tidak cerdas TIPS dan ingin dilihat hebat dan jadi pahlawan oleh publik sepak bola nasional, jangan-jangan malah akan sulit tercipta gol, karena semua jadi egois ingin membuat gol untuk prestasi diri sendiri, seperti yang kita lihat di laga perdana yang mandul.

Sebagai tim yang digadang untuk Piala Dunia U-20, dan ditarget Juara Piala AFF U-19 2022, meladeni Brunai, sewajibnya, tidak lagi bicara bisa menang mudah atau tidak. Tetapi apakah bisa menang 8/9/10 / lebih gol. Kita lihat nanti.

Catatan vs Vietnam U-19

Sebelum laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di matchday perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 2 Juli 2022 malam WIB, saya sudah menulis prediksi, bila para penggawa Garuda Muda cerdas TIPS, tidak egois dan individualis, maka Vietnam U-19 akan dikalahkan. Apalagi Timnas Garuda U-19 proyeksinya untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sayang, bicara TIPS, egoisme, dan individualisme, ternyata melekat pada awak penggawa Garuda di semua kelompok umur, termasuk Timnas U-19.

Catatannya, pertama, tidak mampu mengalahkan Timnas Vietnam U-19, memang sangat disesalkan, karena beberapa alasan. Kedua, setali tiga uang, mampu menahan imbang Vietnam pun juga sesuatu yang membanggakan. Mengapa?

Cara pandang obyektif

Dalam artikel ini, coba kita letakkan cara pandang kita secara obyektif terhadap dua kenyataan tersebut. Saya bahas dulu hal yang kedua, yaitu Marcelino dkk mampu menahan imbang Vietnam U-19. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan