Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Empat Finalis Sepakbola di Semifinal SEA Games 2021

17 Mei 2022   12:43 Diperbarui: 17 Mei 2022   13:18 173 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Lini serang terbaik empat semi finalis tim sepak bola SEA Games 2021 Vietnam, tahun 2022 adalah Timnas Indonesia U-23, bila terus didukung oleh para pemain gelandang dan bertahan yang cerdas intelegensi dan personality. 

(Supartono JW.16052022)

Gelaran sepak bola SEA Games 2021 telah menyelesaikan fase Grup. Masing-masing Grup pun telah diketahui, Juara Grup A Vietnam U-23 dan Runner-upnya Indonesia U-23. Di Grup B, Thailand U-23 memuncaki Grup dan Malaysia U-23 Runner-upnya.

Thailand dan Malaysia dibawah Vietnam

Sebelum laga semi final di gelar, dari empat laga terakhir di Grup A dan B yang menentukan posisi akhir di Grup bagi Vietnam, Indonesia, Thailand dan Malaysia, saya sengaja menonton laga keempat tim sejak kick off hingga peluit akhir dibunyikan wasit.

Kesimpulannya, saya menyebut kekuatan keempat tim, urutannya adalah Vietnam= Indonesia, lalu di bawahnya Thailand, kemudian Malaysia. Mengapa?

Keempat tim tentunya masing-masing sudah melalui 3 laga sebelumnya. Sehingga laga keempat yang juga menjadi penentu juara Grup dan Runner-up Grup, menjadi laga terbaik, laga paling siap, laga profil kekuatan tim seutuhnya, dan laga dengan model strategi terbaik yang dirancang oleh para pelatihnya.

Kendati Indonesia di gebuk Vietnam di laga pertama, saya melihat, itu hanya taktik dan strategi Shin Tae-yong (STy) yang lebih melepas poin demi mencoba pemain dan merancang kekuatan tim. Istilahnya, STy menjadikan laga versus Vietnam sebagai laga uji coba saja, karena STy yakin mampu merebut poin penuh dari tiga laga lainnya.

STy pun terus mematangkan skuadnya hingga pasukannya mampu menggasak Timor Leste 4-1, Filipina 4-0, dan menghukum Myanmar 3-1. Menariknya, sebelum laga kontra Myanmar, pelatih dan skuad Myanmar sudah terlalu over percaya diri, mampu menjegal Indonesia.

Akibatnya over percaya diri itu menjadi bumerang. Dan, mereka dengan mudah kemasukan 3 gol beruntun di babak pertama yang tak mereka perkirakan. Mereka hanya berpikir, mampu menjungkalkan Timor Leste dan Filipina. Lalu hampir dapat bermain imbang versus Vietnam, tak menyadari bahwa di SEA Games 2021 ini, lini serang Indonesia menjadi lini serang terbaik di antara semua tim, terutama atas kehadiran Egy, Witan, Saddil, Irfan, Ronaldo, yang juga didukung gelandang dan pemain belakang yang grafiknya kian memuncak.

Memang Vietnam memiliki pasukan dengan TIPS mumpuni, 4 laga yang dilalui selalu mempertontonkan permainan cepat dan kekuatan fisik. Tetapi, mereka hanya mampu menceploskan gol banyak ke gawang Indonesia, yang kebetulan STy pun masih coba-coba pemain, terutama pemain belakang dan penjaga gawang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan