Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang Akan Kembali Tekuk Meksiko?

5 Agustus 2021   14:04 Diperbarui: 5 Agustus 2021   14:18 117 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jepang Akan Kembali Tekuk Meksiko?
Sumber: KompasTV


Gelaran sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 segera usai. Perebutan medali perunggu akan dihelat pada Jumat (6/8/2021), lalu medali emas dan perak pada Sabtu (7/8/2021).Untuk perebutan medali perunggu, akan bentrok wakil dari Benua Asia sekaligus tuan rumah Jepang menghadapi tim kuda hitam Meksiko, wakil dari Benua Amerika Utara, Tengah, dan Karibia pada Jumat (6/8/2021) di Saitama Stadium.

Akan greget

Partai Jepang versus Meksiko adalah rematch, sebab mereka berasal dari grup yang sama, Grup A dan saat itu Meksiko takluk dari Jepang dengan skor 2-1.

Sejatinya, baik Jepang maupun Meksiko juga sama-sama layak masuk partai final bila melihat hasil akhir di partai semi final. Pasalnya, Meksiko mampu memaksa unggulan 1 Brasil hingga babak adu pinalti. Begitu pun Jepang, hampir mengajak unggulan 2 Spanyol ke babak pinalti. Sayang kelengahan di menit akhir babak kedua extra time, harus mengubur mimpi Jepang masuk babak final.

Karenanya, partai rematch mereka, dipastikan akan greget dan bertenaga, terutama akan ada banyak adu speed alias tempo permainan cepat dalam laga nanti.

Terlebih bila memperhatikan catatan perjalanan mereka sejak fase grup.
Pada matchday 1, Jepang menang tipis 1-0 atas Afrika Selatan. Sementara, Meksiko melumat Prancis 4-1.
Mereka lalu bertemu di matchday 2. Dalam laga di Saitama Stadium itu, Jepang mengalahkan Meksiko 2-1.
Jepang unggul lewat gol Takefusa Kubo menit 6 serta penalti Ritsu Doan menit 11, dan Meksiko hanya bisa menipiskan selisih skor melalui gol Roberto Alvarado menit 85.

Berikutnya, Jepang menghajar Prancis 4-0 pada matchday 3, sementara Meksiko menghantam Afrika Selatan 3-0. Jepang lolos sebagai juara grup didampingi Meksiko sebagai runner-up.

Selanjutnya, Jepang menyingkirkan Selandia Baru melalui adu penalti di perempat final, sedangkan Meksiko menghabisi Korea Selatan 6-3.

Setelah sama-sama kandas di semi final,
Jepang dan Meksiko pun bertemu lagi, tapi kali ini di perebutan medali perunggu dengan venue-nya yang sama seperti ketika mereka bentrok di fase grup, yaitu Saitama Stadium.

Jepang diunggulkan

Menilik ulang partai mereka di fase grup yang berjalan ketat, pun menghssilkan skor tipis 2-1, maka partai di Saitama nanti akan kembali berjalan ketat. Bila Meksiko saat itu harus mengakui keunggulan Jepang, kali ini Meksiko tak mau mengulangi kesalahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN