Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Versus Amerika Serikat, Meksiko Berpeluang Pertahankan Gelar Piala Cocancaf

1 Agustus 2021   10:16 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:39 71 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Versus Amerika Serikat, Meksiko Berpeluang Pertahankan Gelar Piala Cocancaf
Sumber: Kompas.com


Kendati pandemi Covid-19 terus menghajar dunia, namun di tahun 2021 ini, UEFA di Benua Biru dan COMENBOL di Amerika Selatan, sukses menggelar Euro 2020 (Piala Eropa) dengan Italia sebagai jawara dan Copa America (Piala America) yang mengantar Argentina sebagai kampiun.

Saat sepak bola dunia juga sedang berkonsentrasi pada gelaran sepak bola Olimpiade yang pada Sabtu (31/7/2021) telah menyelesaikan babak perempat final dan mengantar Jepang (Asia), Spanyol (Eropa), Brasil (Amerika Selatan, dan Meksiko (Amerika Utara), di Piala Emas COCANCAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) juga sudah menyelesaikan babak semi final.

Sementara, di Benua Asia, gelaran Piala Asia U-23 juga terkena dampak corona dan akan digelar pada 2022, sama seperti di Benua Afrika dengan Piala Afrikanya.

Piala Emas COCANCAF

Setelah melewati fase grup, perempat final, dan babak semi final, Piala Emas pun akan memainkan partai puncak pada Senin (2/8/2021) mempertemukan tuan rumah Amerika Serikat versus Meksiko sebagai juara bertahan.

Piala Emas 2021 yang digelar sejak Minggu, 11 Juli 2021 dengan Amerika Serikat berstatus sebagai tuan rumah, rangkaian pertandingan Piala Emas 2021 disiarkan melalui live streaming Mola TV.

Piala Emas atau Gold Cup adalah turnamen antarnegara anggota CONCACAF (wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia). Dalam edisi 2021 ada 15 tim asli CONCACAF yang ikut serta ditambah dengan Qatar yang berstatus sebagai tim undangan.

Dengan total peserta 16 tim, babak penyisihan grup Piala Emas CONCACAF 2021 dibagi ke dalam 4 grup. Grup A: El Salvador, Trinidad dan Tobago, Guatemala, serta juara bertahan Meksiko.

Di Grup A, Meksiko adalah tim unggulan, pasalnya Meksiko merupakan tim tersukses sepanjang sejarah Piala Emas CONCACAF. Sejak pertama kali digelar pada 1991, El Tri telah menyabet total 8 gelar. Terakhir kali mereka jadi kampiun pada edisi 2019 lalu setelah mengalahkan Amerika Serikat 1-0 di final.

Sementara itu, tim dengan raihan trofi terbanyak kedua (6 gelar), Amerika Serikat, berada di Grup B bersama Kanada, Haiti, dan Martinik.

Sebelum Piala Emas digelar, publik tetap menjagokan partai final adalah ulangan edisi 2019, namun tim lain seperti Jamaika yang sedang berambisi meraih gelar pertama karena, skuat berjuluk Reggae Boyz ini sudah mengalami 2 kali kegagalan beruntun di partai puncak di edisi 2015 dan 2017. Di edisi 2019, Jamaika gagal meraih gelar setelah ditaklukkan  Amerika Serikat pada babak semifinal dengan skor 3-1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN