Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Terima Kasih PSSI, Pemain Timnas U-19 yang Belum Merumput akan Ditampilkan

25 September 2020   00:34 Diperbarui: 25 September 2020   06:37 103 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terima Kasih PSSI, Pemain Timnas U-19 yang Belum Merumput akan Ditampilkan
Sumber: Kompas.com


Setelah dipertanyakan oleh berbagai pihak, mulai dari media, pengamat, praktisi, hingga publik sepak bola nasional, akhirnya bukan Shin Tae-yong (STy) yang memberikan jawaban akan menurunkan 6 pemain Timnas U-19 yang diboyong ke Kroasia dan sudah lima laga uji coba dilakoni, keenam pemain hanya jadi "turis".

Dia adalah PSSI. Melalui laman resminya, www.PSSI.org, PSSI mengungkapkan bahwa akhirnya STy luluh. 

Memang, PSSI menyebut yang mengungkap akan merotasi pemain dalam menghadapi Bosnia Herzegovina adalah STy, namun dapat dipastikan, hal ini dilakukan karena STy sudah tahu bahwa berbagai pihak dan publik sepak bola di Indonesia "gerah" kepada sikap STy yang tak bijak.

Sejatinya apa yang dilakukan STy ini boleh dibilang terlambat, sebab dari 5 laga yang dilakoni, susunan pemain yang selalu diturunkan sudah mulai harmonis. 

Seharusnya, saat meladeni Bosnia, tim sudah turun dengan materi terbaik karena semestinya selama 5 laga sebelumnya, 27 pemain sudah merasakan atmosfir dan irama tim.

Sayang, saat meladeni Bosnia yang memiliki kekuatan tak berbeda dengan Bulgaria dan Kroasia, STy baru tersentuh hati dan terpaksa wajib menurunkan 6 pemain yang selama ini hanya dijadikan turis dan hal ini tentunya karena STy diingatkan oleh PSSI karena selama ini tak mendengar suara publik sepak bola nasional.

Jadi, saat seharusnya publik sepak bola nasional dapat melihat laga yang semakin naik tingkat kualitasnya, pemain yang baru diturunkan menjadi punya  beban karena berlaga justru saat meladeni tim kuat. Keseimbangan tim juga tentu akan terganggu.

Namun demikian, STy memang wajib dan mutlak menjajal 6 pemain yang belum merumput sedetikpun di Kroasia, karena kesempatannya hanya tinggal dua laga.

Coba, berapa biaya per pemain yang harus dikucurkan PSSI dari uang rakyat selama di Kroasia? Lalu dikali 6 pemain? Mungkin bila sejak awal pemain itu tak dibutuhkan, biaya untuk 6 pemain bisa untuk membantu pembinaan sepak bola akar rumput di tengah pandemi corona.

Kita lihat saja, saat melawan Bosnia Herzegovina di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Jumat (25/9/2020) , ucapan STy akan dibuktikan? Ini ucapannya"

"Besok melawan Bosnia Herzegovina, kembali kami ingin terus melihat perkembangan pemain. Kami akan memberikan kesempatan kepada pemain yang belum pernah bermain untuk tampil," kata Shin Tae-yong. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN