Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kompetisi Baru Sepak Bola Akar Rumput, "Jakarta League U-13 dan U-15" Siap Diluncurkan

23 September 2020   17:02 Diperbarui: 23 September 2020   17:06 625 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompetisi Baru Sepak Bola Akar Rumput, "Jakarta League U-13 dan U-15" Siap Diluncurkan
Sumber: Kompas.com

Di tengah pandemi corona yang terus menyerang Indonesia, tak menyurutkan langkah untuk hadirnya kompetisi baru di negeri ini.

Kini, sebuah Kompetisi baru sepak bola akar rumput (usia dini dan usia muda) berkelas yang dihelat pihak swasta, siap diluncurkan demi mengakomidir pembinaan dan pelatihan Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Akademi Sepak Bola (ASB) se-Jabodetbek dan sekitarnya dengan nama Jakarta League (JL) U-13 dan U-15.

Kolaborasi Dede IJSL dan Aji G Sport

Penggagas JL, adalah Dede Supriyadi yang sudah cukup dikenal pubilk sepak bola akar rumput sebagai Direktur Kompetisi Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 perdana saat LKG pertama kali digelar. Kini Dede pun sudah berjibaku dengan menjadi Direktur Kompetisi Sepak Bola Indonesia Junior Soccer League (IJSL) U-8, U-10, dan U-12.

Dalam penyelenggaran JL, Dede dengan IJSLnya didukung sepenuhnya oleh G Sport yang dipimpin oleh Aji Setio Prabowo, penanggungjawab dan pengelola Lapangan Sintetis Arcici Cempaka Putih, Jakarta.

Karena itu, kolaborasi antara IJSL dan G Sport menjadikan Aji menjadi Ketua Pelaksana Kompetisi dan Dede Supriyadi sebagai Direktur Kompetisi Jakarta League.

Kompetisi baru yang sekaligus menyematkan Jakarta sebagai nama kompetisi, memang sengaja dimunculkan  dengan  berbagai pertimbangan. Selain diharapkan berbagai stakeholder terkait akan dapat mendukung kompetisi ini, terutama Pemerintahan DKI dan Asprov PSSI DKI, diharapkan juga akan lahir cabang Jakarta League di setiap provinsi Indonesia.

Dengan dukungan G Sport yang menyiapkan lapangan sepenuhnya untuk kompetisi ini, dan IJSL juga telah menyiapkan segala teknis kompetisinya, maka Jakarta League akan diputar begitu perizinan dan rekomendasi dari pihak-pihak terkait nanti keluar bila sudah diajukan oleh pihak Jakarta League sambil menunggu wabah corona mereda.

Peserta, arah kompetisi, dan Supriyono Prima

Kompetisi Jakarta League U-13 dan U-15 bila nanti bergulir setiap Sabtu dan Minggu, seluruh peserta akan dimanjakan oleh sarana lapangan sintetis yang representatif. Sebab, hujan atau tidak, setiap laga akan tetap dapat bergulir tanpa harus terkendala lapangan becek atau rusak. 

Untuk putaran kompetisi perdana di musim 2020/2021 yang direncankan kick off bulan Oktober (sambil melihat situasi pandemi corona, perizinan, dan rekomendasi) di kelompok U-15 (2005/2006), peserta terdiri dari 18 SSB/ASB terbaik se-Jabodetabek dan sekitarnya yang telah dipilih dan lolos seleksi berdasarkan "kriteria" panitia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN