Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selamat Jalan Bapak Jakob Oetama

10 September 2020   10:00 Diperbarui: 10 September 2020   09:55 22 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Jalan Bapak Jakob Oetama
Sumber: suara.com


Jakob Oetama akan dimakamkan hari ini, Kamis (10/9/2020) di Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

Pendiri Kompas Gramedia yang meninggalkan berbagai warisan dan keteladanan untuk dunia pers dan jurnalisme Indonesia ini, meninggal dunia pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020) pada pukul 13.05 WIB setelah sempat dirawat karena mengalami gangguan multiorgan.

Kepergian Almarhum, menjadi kehilangan besar untuk bangsa Indonesia, karena telah ditinggal salah satu putra terbaik bangsa ini dalam bidang pers dan jurnalisme.

Siapa saja yang pernah bersinggungan dan bekerjasama dengan almarhum, tentu memiliki kesan dan kenangan masing-masing atas sesuatu dari almarhum, yang kini sudah berubah menjadi "warisan".

Saya sendiri, sejak pertama kali belajar menulis puluhan tahun yang lalu, selalu tak lepas mengikuti sepak terjang almarhum yang telah berjasa dan memperoleh penghargaan Bintang Mahaputra dari pemerintah Indonesia, hingga kini saat kepergiannya, saya menyebut Maestro Jacob Oetomo adalah "Bapak Pers dan Jurnalis Tulen-Konsisten". Sebab, hampir sepanjang hidupnya, jiwa raganya dtumpahkan pada pers dan jurnalisme Indonesia. 

Warisan menyoal dunia jurnalisme yang ditinggalkan terpatri pada setiap pemikiran dan hati setiap insan dan pihak yang telah bersinggungan dengan beliau di Republik ini.

Selamat jalan Maestro Pers dan Jurnalis tulen (sejati) dan konsisten. Warisan Bapak akan terus menjadi teladan khususnya bagi dunia jurnalisme dan literasi bangsa ini dan umumnya untuk mewujudkan kecerdasan bangsa Indonesia. Aamiin.

VIDEO PILIHAN