Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Qatar Punya Piala Dunia, Dubai Ikut Meraup Untung Besar

4 Desember 2022   17:36 Diperbarui: 5 Desember 2022   00:03 2122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
FIFA World Cup 2022. Sumber: www.hoteliermiddleeast.com

Bukan Dubai namanya jika tidak jeli melihat peluang. Kota terbesar dan paling terkenal di Uni Emirat Arab itu bak tuan rumah bayangan saja. Dengan jarak antara Dubai ke Doha yang hanya 377 Km dan cuma 1 jam terbang, Dubai pun ikut menjadi basis banyak penonton Piala Dunia 2022 di Qatar.

Gegap gempita Piala Dunia 2022 sejatinya tidak hanya di Doha dan kota lainnya di Qatar. Berbagai kota ternama di dunia hingga kota-kota kecil di pelosok Halmahera, Maluku Utara, pun ikut menyambut Piala Dunia 2022. Sepak bola memang olah raga paling populer di planet bumi.

Jadi tidak heran, jika Piala Dunia pun bak pesta besar bagi semua pecinta sepak bola. Apalagi bagi kota-kota yang berada di sekitar negara Qatar. Sebut di antaranya, Abu Dhabi dan Dubai di Uni Emirat Arab. Begitu pula Manama di Bahrain maupun Damman di Arab Saudi. Kota-kota yang ikut meraih limpahan rezeki Piala Dunia.

Namun demikian, kota yang paling gesit memanfaatkan magnet Piala Dunia 2022 di Qatar tidak lain adalah Dubai. Ibu kota Emirat Dubai ini bahkan lebih agresif dibandingkan Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab, yang hanya berjarak sekitar 299 Km ke Doha.

Frekuensi penerbangan Dubai-Doha meningkat tajam selama Piala Dunia 2022. Sumber: Flightradar24/ www.simpleflying.com
Frekuensi penerbangan Dubai-Doha meningkat tajam selama Piala Dunia 2022. Sumber: Flightradar24/ www.simpleflying.com
Bahkan sebelum Piala Dunia 2022 bergulir di Qatar, kota yang memiliki hotel bintang lima terbanyak kedua di dunia itu sudah bersiap menyambut datangnya tamu-tamu Piala Dunia 2022 di Dubai. Mulai dari bandara sampai hotel-hotel di Dubai semuanya antusias menyambut Piala Dunia 2022. 

Selain ikut mendukung peluncuran Match Day Shuttle Flight yang memungkinkan penonton bisa pergi-pulang ke Doha di hari yang sama, Dubai sendiri menyiapkan banyak Fan Zone untuk memanjakan penggemar sepak bola. Sekilas tidak berbeda dengan tuan rumah Qatar. Fan zone adalah kawasan khusus menonton sepak bola lewat sebuah layar raksasa. 

Match Day Shuttle memungkinkan penonton bisa ke Doha pergi pulang di hari yang sama. Sumber: AFP/ www.dailysabah.com
Match Day Shuttle memungkinkan penonton bisa ke Doha pergi pulang di hari yang sama. Sumber: AFP/ www.dailysabah.com
Dikutip dari Timeout Dubai, belasan fan zone telah disiapkan di Dubai. Baik untuk warga lokal maupun penggila sepak bola dari mancanegara. Beberapa fan zone terkenal itu, antara lain The Football Park di DIFC (Dubai International Financial Centre), Dubai Expo City, Dubai Festival City, Dubai Harbour, dan sebagainya.

Poster Fan Zone di Dubai Expo City. Sumber: www.timeoutdubai.com
Poster Fan Zone di Dubai Expo City. Sumber: www.timeoutdubai.com

BudX FIFA Fan Festival - Dubai Harbour, yang ikut disponsori perusahaan bir Budweiser itu, termasuk salah satu Official FIFA Fan Zone. Inilah salah satu fan zone terbesar yang bisa menampung sampai 10,000 penonton. 

Seperti diketahui, Dubai termasuk salah satu dari enam kota yang terpilih untuk menyelenggarakan FIFA Fan Festival. Kota-kota lainnya adalah London-Inggris, Mexico City-Mexico, Rio de Janeiro-Brazil, Sao Paulo-Brazil dan Seoul-Korea Selatan. Fan zone di sebagian kota-kota ini dipastikan akan membludak setelah negaranya sukses melaju ke babak 16 besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun