Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

"Pelari Cepat" di Piala Dunia 2022

2 Desember 2022   20:46 Diperbarui: 2 Desember 2022   20:56 605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vinicius Jr, salah satu pesepakbola tercepat di Piala Dunia 2022. Sumber: Kevork Djansezian/AFP/www.en.as.com

Antonio Rudiger menuai kritik setelah diduga mengejek Takuma Asano. Soalnya, pada menit ke 64 kala keduanya adu lari mengejar bola, Rudiger tampak berjingkrak bak meledek pemain Jepang itu. Alhasil, ketika Jerman kalah dari Jepang, fans sepak bola pun menyebutnya kena karma. Dan kini Jerman benar-benar tersingkir dari Piala Dunia. Bagaimana dengan Jepang? Tim Samurai Biru itu justru melaju ke babak 16 besar.

Terlepas dari perilaku konyolnya, Rudiger memang pelari cepat. Pemain Jerman yang kini merumput di Real Madrid itu pernah dinobatkan sebagai pesepak bola tercepat di Liga Premier Inggris kala masih berkostum Chelsea. Bahkan dengan kecepatan lari yang mencapai 36.7 km/ jam, Rudiger juga termasuk salah satu pemain tercepat di Piala Dunia 2022.

Aksi konyol Antonio Rudiger. Sumber: Reuters / www.thesun.co.uk
Aksi konyol Antonio Rudiger. Sumber: Reuters / www.thesun.co.uk
Selain ketrampilan mengolah bola dan stamina nan prima, maka kecepatan lari seorang pemain sepak bola jelas sangat penting di era sepak bola terkini. Apalagi kala melakukan serangan balik. Di Liga Premier Inggris, misalnya, lihat saja betapa mematikan seorang Mohamed Salah.

Dengan skill mumpuni serta kecepatan fantastis (36.6 km/jam), Salah kerap sukses mencetak gol dalam suatu skema serangan balik cepat yang dibangun Liverpool. Sayang sekali penyerang berjuluk The Pharaoh itu tidak hadir di Piala Dunia 2022. Mesir memang gagal lolos ke Qatar.

Meskipun demikian, kecepatan lari saja tidak cukup. Beberapa pemain cepat toh gagal mengangkat kinerja timnya. Sebagian bahkan sudah angkat koper setelah tersingkir di penyisihan grup. Di antaranya, Gareth Bale, pemain Wales yang pernah berkarir di Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Gareth Bale, penyerang cepat asal Wales. Sumber: PA Wire / www.independent.co.uk
Gareth Bale, penyerang cepat asal Wales. Sumber: PA Wire / www.independent.co.uk
Selain itu masih ada Alphonso Davies (36.2 km/jam), pemain Bayern Munchen asal Kanada. Dan tentu saja dua bintang asal Uruguay yang masih belum bersinar di Piala Dunia 2022, yakni Federico Valverde- Real Madrid (36.3 km/jam) dan Darwin Nunez- Liverpool (36.5 km/ jam).

Tetapi, andaikan tanpa pemain-pemain cepat di atas sekalipun, babak 16 besar Piala Dunia 2022 masih menyimpan sederet bintang top dengan kecepatan lari yang tidak kalah mengagumkan. Dari Maroko, Portugal, Spanyol, Prancis, hingga Brazil.

Federico Valverde, pemain Uruguay yang sangat cepat. Sumber: Instagram @fedevalverde / www.voi.id
Federico Valverde, pemain Uruguay yang sangat cepat. Sumber: Instagram @fedevalverde / www.voi.id

Di deretan atas, siapa yang tidak kenal pesepakbola kondang yang bermain di berbagai klub sepak bola terkemuka di benua biru Eropa. Sebut di antaranya, Theo Hernandez- AC Milan, Inaki Williams-Athletic Bilbao, Kylian Mbappe-PSG, Achraf Hakimi-PSG, Rafael Leao-AC Milan, Ousmane Dembele-Barcelona dan Vinicius Junior-Real Madrid.

Mari kita simak sedikit profil pemain-pemain cepat itu.

Theo Hernandez - Kebangsaan: Prancis, Klub: AC Milan, Kecepatan: 35.7 km/jam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun