Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Dallas dan Tragedi Penembakan John F. Kennedy

22 November 2022   09:04 Diperbarui: 22 November 2022   09:08 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sixth Floor Museum & JFK. Sumber: Sixth Floor Museum-dokumentasi pribadi & JFK oleh Cecil Stoughton/WH/wikimedia

Pada hari ini, 22 November 2022, Dallas kembali mengenang sebuah peristiwa tragis dalam sejarah kelam Amerika Serikat (AS). Persis 59 tahun silam, tanggal 22 November 1963, jam 12.30, Presiden AS ke-35 John Fitzgerald Kennedy (JFK) ditembak kala melintas di Dealey Plaza, Dallas, Texas, AS. Dallas pun menangis. Dan seluruh penjuru AS ikut berduka.

I-35E (Interstate highway 35) seakan tidak berujung. Dari San Antonio ke Austin memang tidak terlalu jauh, apalagi masih singgah di factory outlet San Marcos yang terkenal itu. Tetapi, rute selanjutnya, yakni dari Austin ke Dallas yang berjarak sekitar 314 km itu, terasa begitu jauh.

Boleh jadi karena highway itu tampak begitu lurus ke utara. Tidak banyak yang bisa dinikmati di sepanjang jalan yang cukup sibuk ini. Interstate 35 sendiri adalah salah satu highway terpanjang di AS. Membentang sepanjang 2,525 km dari negara bagian Texas hingga negara bagian Minnesota.  

Singkatnya, setelah perjalanan darat sekitar 3.5 jam, kota Dallas pun akhirnya tampak kala sore kian mendekat. Dallas skyline terlihat dihiasi gedung-gedung tinggi yang bak berlomba menyundul langit. Kota dengan populasi sekitar 1.3 juta, yang terletak di tepi sungai Trinity itu, adalah kota ketiga terbesar di Texas setelah Houston dan San Antonio.

Sebagian gedung-gedung pencakar langit di pusat kota Dallas. Sumber: dokumentasi pribadi
Sebagian gedung-gedung pencakar langit di pusat kota Dallas. Sumber: dokumentasi pribadi

Kenangan akan Dallas memang sulit dilupakan. Meskipun perjalanan itu sendiri telah berlalu lebih dari satu dekade. Pasalnya, dari sekian kali ke AS, itulah satu-satunya kunjunganku ke wilayah Texas. Dan rasanya sulit terulang kembali mengingat Dallas memang bukan destinasi favorit bagi banyak wisatawan Indonesia.

Pamornya masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kota-kota ternama di Pantai Barat dan Pantai Timur AS. Sebut saja di antaranya, Los Angeles dan San Francisco di Pantai Barat. Lalu New York City dan Washington DC di Pantai Timur AS. Jadi bagaimana ceritanya bisa ke Dallas?

Singkatnya, sebuah grup asosiasi bisnis yang awalnya hanya merencanakan ikut sebuah konferensi di Houston, kemudian memutuskan untuk lanjut berwisata alias mengikuti Post-Conference Tour. Pilihan termudah tentu saja mengunjungi kota-kota di sekitarnya. Dari Houston ke San Antonio, lanjut ke Austin dan berujung di Dallas.

Peta negara bagian Texas. Sumber: Gallopade Publishing Group/ www.amazon.com
Peta negara bagian Texas. Sumber: Gallopade Publishing Group/ www.amazon.com

Sebagai sebuah kota besar, Dallas termasyhur sebagai pusat beberapa bisnis, antara lain perbankan, telekomunikasi, energi, kesehatan, transportasi, logistik, dll. Dallas dan kawasan sekitarnya telah lama menjadi lokasi kantor pusat banyak perusahaan di Fortune 500. Misalnya, AT&T, American Airlines Group, Southwest Airlines, dan ExxonMobil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun