Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

O'zapft is! dan Oktoberfest Pun Kembali Dibuka

17 September 2022   07:03 Diperbarui: 19 September 2022   21:20 574 71 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Oktoberfest 2022 siap dibuka. Sumber: www.oktoberfest.de

Dua tahun lebih sudah keran bir di Oktoberfest berhenti mengucur. Festival bir yang biasanya digelar setiap tahun itu terpaksa dibatalkan pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi. Padahal di periode sibuk selama perayaan Oktoberfest, kota Munich selalu dipadati jutaan wisatawan dari seluruh dunia. Tapi kini semuanya sudah berlalu, kawan! Tahun 2022 ini, hitungan mundur bahkan telah dimulai sejak April 2022 lalu. Dan tepat hari ini, Oktoberfest resmi dibuka!

Sebagaimana disampaikan dalam sebuah konferensi pers pada tanggal 29 April 2022 lalu, Wali kota Munich, Dieter Reiter telah memastikan festival rakyat Oktoberfest akan kembali digelar pada tahun ini. Persisnya dimulai pada hari Sabtu, 17 September 2022 hingga Senin, 3 Oktober 2022. Tujuh belas hari lamanya!

Pada hari yang telah lama dinantikan warga kota Munich itu, tenda-tenda bir akan dibuka pada jam 9 pagi. Lalu minuman mulai disajikan pada pukul 10.00. Dan tepat jam 12.00, Sang Wali Kota pun mengetuk gentong bir pertama dengan tiga pukulan palu, lalu berseru, "O'zapft is!". Oktoberfest ke-187 pun resmi dibuka.

O'zapft is!, yang dalam bahasa Bavaria kurang lebih berarti "Telah dibuka", adalah sebuah tradisi ketika pengambilan bir dari tong pertama oleh Wali kota Munich. Gelas bir pertama biasanya diberikan ke Menteri Negara Bagian Bavaria. Seruan itu diikuti dengan dua belas suara tembakan, menandakan bahwa bir sudah dapat dijual di semua tenda bir. 

Wali kota Munich Dieter Reiter bersiap membuka Oktoberfest. Foto pada perayaan Oktoberfest sebelum pandemi. Sumber: www.oktoberfest.de
Wali kota Munich Dieter Reiter bersiap membuka Oktoberfest. Foto pada perayaan Oktoberfest sebelum pandemi. Sumber: www.oktoberfest.de
Dan begitu Oktoberfest resmi dibuka, ribuan pengunjung yang sudah lama menanti langsung berlarian menuju tenda-tenda untuk mendapatkan tempat duduk. Dalam waktu singkat, hampir semua tempat duduk di tenda favorit terisi penuh, kecuali yang memang sudah disediakan buat pengunjung dengan reservasi.

Upacara pembukaan Oktoberfest selalu dilakukan di tenda Schottenhamel. Tenda terkenal ini memang bagian tidak terpisahkan dari sejarah Oktoberfest. Sampai ada ungkapan, "There's no Wiesn without Schottenhamel." Pasalnya, di tenda inilah Oktoberfest pertama kali diresmikan oleh Thomas Wimmer, Wali kota Munich kala itu, pada tahun 1950.

Schottenhamel, tenda bir bir tertua dan tempat upacara pembukaan Oktoberfest. Sumber: Sebastian Lehner / www.oktoberfest.de
Schottenhamel, tenda bir bir tertua dan tempat upacara pembukaan Oktoberfest. Sumber: Sebastian Lehner / www.oktoberfest.de
Tenda yang awalnya hanya memiliki kapasitas 50 tempat duduk itu, kini dapat menampung sampai 9,000 pecinta bir. Selain Schottenhamel, yang selalu menjadi tenda favorit banyak tokoh terkenal, di Oktoberfest 2022 ini terdapat 17 tenda besar dan 21 tenda kecil. Tenda-tenda besar bisa menampung ribuan pengunjung.

Sejarah Oktoberfest sendiri tidak terlepas dari pernikahan Putera Mahkota Ludwig I dan Puteri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada tanggal 12 Oktober 1810. Sebuah pesta pun diadakan untuk merayakan pernikahan itu. Warga kota Munich ikut diundang. Dan berbagai acara digelar untuk meramaikan pesta ini.

Arena Oktoberfest di Munich. Sumber: www.oktoberfest.de
Arena Oktoberfest di Munich. Sumber: www.oktoberfest.de
Lokasi perayaan itu selanjutnya disebut Theresienwiese atau Padang Rumput Theresa. Singkatnya cukup disebut "d'Wiesn". Sebutan ini untuk menghormati sang Puteri. Dan meskipun perayaan itu masih menyandang nama yang sama hingga kini, acara-acara di Oktoberfest sendiri telah banyak berubah.

Oktoberfest sejatinya adalah sebuah Volkfest atau Pesta Rakyat. Mirip suatu acara pasar malam di berbagai negara. Berbagai atraksi menarik ditampilkan. Dari orkestra musik, parade kostum tradisional hingga berbagai wahana permainan, seperti swing carousel dan lain-lain. Tetapi, dari waktu ke waktu, Oktoberfest kian identik dengan festival bir di Jerman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan