Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Montserrat, Biara Suci di Gunung Bergerigi

7 September 2022   19:26 Diperbarui: 10 September 2022   12:47 975 57 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Biara Santa Maria de Montserrat- Catalonia. Sumber: dokumentasi pribadi

Biara-biara di puncak gunung selalu membuat siapapun terpesona. Apalagi membayangkan tingkat kesulitan yang dihadapi kala membangunnya di masa lalu. Tidak itu saja, sebagian biara yang menyimpan peninggalan bersejarah ataupun dianggap suci, maka bisa dipastikan bakal menjelma menjadi destinasi religi yang sangat populer. Dan itulah yang saya saksikan di Santa Maria de Montserrat Abbey!

Pilihan berwisata di kota Barcelona, Spanyol, sebetulnya sangat melimpah. Kota asal arsitek ternama Antoni Gaudi ini memiliki deretan objek wisata kelas satu yang selalu ramai dipadati wisatawan. Mulai dari La Rambla yang selalu dijejalin turis hingga Sagrada Familia yang fenomenal.

Namun, jika Anda masih memiliki waktu luang, maka ada pilihan excursion menarik yang layak dicoba. Itulah wisata ke beberapa destinasi wisata terkenal di seputar wilayah Barcelona, Catalonia. Sebut misalnya, Sitges, Tarragona dan Girona. Dan tentu saja, Montserrat!

Montserrat terletak di wilayah Catalonia, di timur laut Spanyol. Sekitar 62 km dari kota Barcelona. Tidak sulit untuk mencapainya. Dari pusat kota Barcelona, Montserrat bisa dijangkau dengan bus maupun kereta api dalam waktu sekitar satu jam saja.

Pegunungan Montserrat yang sangat terkenal. Sumber: dokumentasi pribadi
Pegunungan Montserrat yang sangat terkenal. Sumber: dokumentasi pribadi
Jika Anda memilih bepergian dengan kereta api, langsung saja menuju stasiun Placa d'Espanya dan naik kereta Ferrocarrils de la Generalitat de Catalunya (FGC). Kereta ini akan mengantarmu hingga ke stasiun terdekat yang berada di kaki bukit Montserrat.

Selanjutnya, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Biara Montserrat yang berada di atas ketinggian 1,236 meter itu melalui dua opsi transportasi yang ditawarkan, yakni menggunakan cable car (kereta gantung) atau funicular. Masing-masing menyajikan pengalaman berbeda yang sulit dilupakan.

Ada yang lebih suka kereta gantung? Nah, kalau demikian, sama dengan saya. Pastikan turun di stasiun Aeri de Montserrat. Dari stasiun inilah, Anda akan melayang di atas kereta gantung sekitar 5 menit menuju puncak bukit. Kereta bersejarah ini telah beroperasi sejak tahun 1930. Tapi, jangan takut. Masih sangat terawat dengan baik.

Kereta gantung ke Biara Montserrat di puncak gunung. Sumber: dokumentasi pribadi
Kereta gantung ke Biara Montserrat di puncak gunung. Sumber: dokumentasi pribadi
Opsi kedua bisa menggunakan funicular atau rack railway. Untuk naik kereta ini, jangan lupa turun di stasiun Monistrol de Montserrat, yakni stasiun berikutnya setelah stasiun Aeri de Montserrat. Lalu, bagaimana kalau naik bus? Ah, tidak perlu pusing, bus bisa langsung menuju ke tempat parkir di atas gunung lewat rute memutar.

Kereta funicular yang sedang merayap naik. Sumber: dokumentasi pribadi
Kereta funicular yang sedang merayap naik. Sumber: dokumentasi pribadi
Montserrat sejatinya sudah mulai dikenal sejak abad ke-11. Selain populer sebagai destinasi religi umat Katolik di Negeri Matador Spanyol, Montserrat juga sangat terkenal di kalangan wisatawan umum. Setidaknya dua juta wisatawan mendatanginya setiap tahun.

Nama Montserrat sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni mons serratus yang berarti pegunungan bergerigi. Persis seperti bentuknya. Bentuknya yang unik bak gerigi batu raksasa itu merupakan proses sedimentasi. Baik akibat perubahan iklim, pergerakan kerak bumi, maupun erosi selama jutaan tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan