Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Taipei 101, Pencakar Langit Paling Ikonik di Taiwan

9 Agustus 2022   12:27 Diperbarui: 17 Agustus 2022   20:58 1319 70 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Taipei 101, Ikon kota Taipei, dilihat dari Gunung Gajah Taipei. Sumber: dokumentasi pribadi

Anak tangga batu itu seakan tidak berujung. Rasanya ingin berbalik arah saja. Namun, hasrat untuk mendapatkan pemandangan terbaik ke arah Taipei 101 adalah dorongan ektra untuk terus menapak naik. Dan ketika akhirnya mencapai puncak Elephant Mountain, saya harus mengakui, Inilah lokasi terbaik menikmati panorama kota Taipei dan gedung pencakar langit Taipei 101!

Nama Taipei 101 tetiba mencuri perhatian. Ketika dunia sedang menyoroti kedatangan Nancy Pelosi, di kota Taipei, gedung pencakar langit itu bak menunggang momentum. Dengan cepat Taipei 101 ikut menyambutnya dengan menampilkan sejumlah ucapan khusus untuk Ketua DPR AS itu.

Alhasil, kreativitas itu pun ramai diberitakan banyak media. Nama Taipei 101 ikut melambung di antara hingar bingar pemberitaan soal Pelosi yang kontroversial. Tidak tanggung-tanggung, media ternama sekelas The Washington Post- AS, New York Times- AS, Daily Mail- UK, The Australian- Australia ikut memberitakannya.

Taipei 101, yang sebelumnya disebut Taipei World Financial Center, adalah sebuah gedung pencakar langit di pusat kota Taipei, Taiwan. Dinamakan Taipei 101 karena bangunan yang memiliki gaya arsitektur post-modern ini terdiri dari 101 lantai.

Siluet Taipei 101 menjelang sunset. Sumber: dokumentasi pribadi
Siluet Taipei 101 menjelang sunset. Sumber: dokumentasi pribadi
Gedung super jangkung, yang dimiliki Taipei Financial Center Corporation ini, mulai dibangun pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2004. Dan sejak tanggal peresmiannya itu, Taipei 101, yang memiliki tinggi 508 meter ini, langsung menyabet status sebagai gedung tertinggi di dunia. Status bergengsi ini terus disandangnya hingga tahun 2010.

Pada tahun 2010 itu, Taipei 101 terpaksa lengser dari posisinya sebagai yang tertinggi di dunia setelah sebuah gedung pencakar langit lainnya berdiri di Dubai. Itulah Burj Khalifa yang menjulang ke langit hingga 829.8 meter. Suatu rekor ketinggian yang hingga kini belum tergoyahkan!

Pamor Taipei 101 pun kian terdesak kala deretan pencakar langit baru lainnya bermunculan di berbagai kota besar di dunia. Misalnya, Abraj Al-Bait Clock Tower- Mekah (601 meter) yang diresmikan pada tahun 2012. Lalu, Shanghai Tower- Shanghai (632 meter) di tahun 2014. Dan Guangzhou CTF Finance Centre- Guangzhou (530 meter) dua tahun berikutnya.

10 Gedung Pencakar Langit tertinggi di dunia. Sumber: www.nypost.com
10 Gedung Pencakar Langit tertinggi di dunia. Sumber: www.nypost.com

Meskipun demikian, Taipei 101 masih boleh berbangga. Setidaknya, menara ikonik yang dirancang C.Y. Lee itu masih lebih tinggi dibandingkan gedung pencakar langit terkenal lainnya. Sebut di antaranya Shanghai World Financial Center (492 meter), International Commerce Centre- Hong Kong (484 meter) dan Petronas Twin Tower- Kuala Lumpur (452 meter).

Tentu saja tidak hanya itu. Taipei 101 sejatinya telah banyak menorehkan prestasi mengkilap lainnya. Pada saat pembukaan di tahun 2004, misalnya, Taipei 101 memecahkan rekor sebagai gedung pencakar langit pertama di dunia yang mencapai ketinggian lebih dari setengah kilometer. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan