Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Adu Belia di Jalur Udara

19 Januari 2022   17:30 Diperbarui: 3 Maret 2022   03:51 1009 83 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Airbus A330 milik maskapai Uganda Airlines- Uganda. Sumber: Florent Peraudeau / www.planespotters.net

Tidak dapat disangkal bahwa maskapai yang tampil dengan armada baru selalu lebih menarik bagi banyak calon penumpang. Apalagi sudah lama diyakini pesawat baru tentu saja lebih aman dibandingkan pesawat berusia tua. Meskipun di industri penerbangan sejatinya hanya dikenal pesawat yang laik terbang atau tidak. Terlepas dari usia pesawat yang mungkin saja sudah uzur. 

Namun, tahukah Anda maskapai penerbangan dengan armada termuda di dunia saat ini? Jika Anda berpikir gelar itu layak disandang maskapai ternama dunia, seperti Singapore Airlines atau Qatar Airways, Anda tidak sendiri. Banyak lainnya pun menduga demikian. Kenyataannya, tidak demikian.

Setidaknya begitulah yang tergambar dari hasil pemilihan maskapai penerbangan dengan armada termuda di dunia. Portal berita aviasi terkenal Ch-Aviation, yang berbasis di kota Chur- Swiss, baru saja merilis “The Ch-Aviation Youngest Aircraft Fleet Award 2022”. 

Penghargaan ini memang ditujukan khusus ke semua maskapai penerbangan di seluruh dunia yang terus menjaga jajaran armadanya agar selalu tampil muda, modern dan efisien. The younger the better! 

Award untuk Uganda Airlines. Sumber: www.ch-aviation.com
Award untuk Uganda Airlines. Sumber: www.ch-aviation.com
Singapore Airlines (SIA), misalnya, selama ini dikenal sebagai salah satu maskapai papan atas yang memiliki rata-rata usia pesawat lebih muda dibandingkan banyak pesaingnya. Menurut data teranyar dari statista.com, usia pesawat dari negeri jiran ini rata-rata 61 bulan atau 5.08 tahun. Meskipun, data berbeda disajikan situs Airfleet.net yang menyebut usia rerata pesawat SIA sudah mencapai 6.2 tahun.

Tidak berbeda dengan SIA, maskapai terkenal dari negara petro dolar Qatar, yakni Qatar Airways pun rata-rata hanya 5 tahun. Namun, sama dengan SIA, armada maskapai kondang yang baru meraih penghargaan sebagai "Airline of the Year 2021" oleh Skytrax ini pun tidak termasuk yang termuda di dunia.

Armada Qatar termasuk muda, tetapi bukan yang termuda. Sumber: Bjorn Duwel / www.planespotters.net
Armada Qatar termasuk muda, tetapi bukan yang termuda. Sumber: Bjorn Duwel / www.planespotters.net
Bukan hanya SIA dan Qatar, nama-nama besar maskapai penerbangan dunia lain pun tidak ada satupun yang masuk dalam “Top Five Youngest Aircraft Fleet 2022". Peraih penghargaan ini justru didominasi maskapai penerbangan kategori Low-Cost Airlines yang sebagian besar belum banyak dikenal pecinta perjalanan dunia.

Dari ratusan maskapai penerbangan yang didata dan diverifikasi oleh Ch-Aviation, tersebutlah lima pemenang dengan usia rata-rata pesawat yang masih sangat muda. Dari rata-rata 1.9 tahun sampai 2.76 tahun!

1. Uganda Airlines - Uganda

Tidak banyak yang menduga pemuncak maskapai penerbangan termuda di dunia berasal dari Uganda, sebuah negeri dari Afrika Timur yang pernah dijuluki “Mutiara Afrika” oleh Winston Churchill. Maskapai flag carrier dari Uganda ini memiliki armada pesawat yang rata-rata baru berusia 1.9 tahun. Very young!

Bombardier dari Uganda Airlines. Sumber: Maarten Dols / www.planespotters.net
Bombardier dari Uganda Airlines. Sumber: Maarten Dols / www.planespotters.net
Sah-sah saja jika ada yang kemudian tidak setuju membandingkan maskapai kecil ini dengan maskapai raksasa lainnya. Maklum saja, Uganda Airlines, yang sebetulnya adalah wajah baru dari Uganda Airlines versi lama, baru mulai beroperasi Agustus 2019 lalu. Jumlah armadanya pun sangat terbatas, yakni hanya 2 pesawat jenis Airbus A330-800 dan 4 Bombardier CRJ900ER.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan