Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Pesona Toba dari Bukit Holbung

12 November 2021   17:03 Diperbarui: 15 November 2021   17:00 2662 94 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pesona Toba dari Bukit Holbung. Sumber: dokumentasi pribadi

Danau Toba tidak pernah berhenti memukau semua pengunjungnya. Bahkan bagi pelancong yang sudah pernah ke danau terbesar di Indonesia ini sekalipun. Toba seakan selalu menyimpan banyak pesona tersembunyi. Dan dari atas Bukit Holbung yang memesona, Danau Toba sekali lagi membuatku takjub!

Awal November 2021 ini, saya kembali ke Danau Toba. Namun, berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini saya tidak lagi mengunjungi atraksi wisata yang biasanya masuk dalam itinerary (rencana perjalanan) grup wisatawan.

Toba terlalu luas untuk kembali ke spot yang sama. Begitulah kredo di kalangan pelancong. Masih banyak pesona lainnya yang tersebar di seantero kawasan wisata yang kini terdaftar sebagai "Destinasi Wisata Super Prioritas."

Begitulah, bersama sebuah komunitas fotografi, saya pun kembali menjelajahi Danau Toba. November Rain yang mengiringi perjalanan ke sana sama sekali tidak menghalangi kami menyisir berbagai spot foto dan sekaligus objek wisata terkini. Dari sisi utara Toba hingga ke bagian barat danau terkenal ini.

Sebagian panorama di sisi barat Danau Toba. Sumber: dokumentasi pribadi
Sebagian panorama di sisi barat Danau Toba. Sumber: dokumentasi pribadi
Mulai dari Desa Sippan dan sekitarnya hingga ke Bukit Sibea-bea dan Bukit Holbung yang kian populer belakangan ini. Ketiga objek wisata yang sudah sempat viral ini, relatif masih belum banyak dikenal dipentas pariwisata nasional.

Baca juga: "Wisata Religi di Bukit Sibea-bea"

Perjalanan ke Bukit Holbung sendiri sempat diwarnai sejumlah keraguan. Maklum saja, cuaca di sekitar Danau Toba memang kerap berubah di bulan November ini. Apalagi prakiraan cuaca yang disajikan aplikasi cuaca AccuWeather pun tidak mendukung. Danau Toba diprediksi bakal berawan tebal disertai gerimis di Sabtu subuh itu. 

Bagaimana mungkin mengharapkan matahari terbit nan cetar. Tidak hujan saja sudah layak bersyukur. Namun, dengan semangat menyongsong sunrise, tepat jam 5 pagi kami tetap meluncur ke Bukit Holbung. Landscaper sejati memang pantang mundur! :) :)

Dan ternyata, oh ternyata, Holbung memang tidak mengecewakan. Mendung tebal sudah pergi disapu angin pagi. Persis ketika kami tiba di arena parkir, matahari pun mulai menyembul di ufuk timur. Langit pun bak dilukis indah. Penuh warna-warni memukau. Fantastis!

Sunrise dari atas Bukit Holbung, Danau Toba. Sumber: dokumentasi pribadi
Sunrise dari atas Bukit Holbung, Danau Toba. Sumber: dokumentasi pribadi
Dari beberapa spot yang kami kunjungi, Bukit Holbung bisa dibilang sebagai salah satu The Rising Star di sisi barat Toba. Sang bintang yang sedang menanjak ini terletak di Desa Holbung, Kabupaten Samosir. Dari hotel kami di kawasan Pasir Putih Parbaba-Pulau Samosir, Holbung bisa dicapai dalam waktu sekitar 1 jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan