Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Mengenal Kota-Kota di Eropa Melalui Sepak Bola

18 Mei 2021   15:47 Diperbarui: 20 Mei 2021   04:00 963 94 36 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Kota-Kota di Eropa Melalui Sepak Bola
London, salah satu kota dengan jumlah klub bola terbanyak di Eropa. Sumber: koleksi pribadi

Tidak dapat disangkal lagi, sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia. Betapa tidak, penggemar sepakbola di dunia diperkirakan mencapai 4 milyar atau sekitar setengah penduduk bumi. Menariknya, selain menikmati sensasi setiap pertandingan, kita pun sejatinya bisa mempelajari banyak hal seputar geografi, sejarah dan budaya dari pentas lapangan hijau ini. Setidaknya, ada puluhan nama-nama kota dari berbagai kompetisi di benua biru Eropa yang hampir setiap minggu hadir mewarnai lini berita di tanah air.

Di era terkini ketika sepakbola telah menjadi tontonan global, siapapun pasti mengenal nama klub-klub ternama dari lapangan hijau, seperti Manchester City, Liverpool F.C., Inter Milan, AC Milan, Bayern Munchen dan Barcelona. 

Namun demikian, apakah semua pendukung klub ini juga mempelajari lebih jauh tentang kota asal klub-klub tersebut? Belum tentu. Padahal hampir semua kota asal klub ternama tersebut adalah destinasi wisata terkemuka di dunia. Bagaimana denganmu?

Selain Liverpool, klub sepakbola lain yang selalu penulis sukai adalah Milan. Nama Milan jelas merujuk ke klub AC Milan, bukan tetangganya yang baru meraih scudetto itu. 

Singkatnya, sebagai fan Milan, penulis pun ikut mempelajari berbagai hal terkait kota mode ini. Bukan hanya stadion San Siro atau resminya disebut Stadio Giuseppe Meazza. Tidak cuma Piazza del Duomo tempat tifosi merayakan kemenangan klub. Tetapi, banyak hal lain seputar kota di Italia utara ini. Kenal AC Milan, kenali juga kotanya!

Piazza del Duomo, lokasi tifosi Inter dan Milan rayakan kemenangan. Sumber: koleksi pribadi
Piazza del Duomo, lokasi tifosi Inter dan Milan rayakan kemenangan. Sumber: koleksi pribadi
Kebiasaan ini ternyata berlanjut. Tidak hanya kota-kota dari klub di Serie A Italia. Penulis pun makin rajin mempelajari berbagai kota lain di liga berbeda di negara lain. Dari Italia, terus ke Inggris. Lalu lanjut ke Jerman dan Spanyol. 

Ibarat berwisata dari satu kota ke kota berikutnya. Dan pengetahuan ini ternyata begitu bermanfaat ketika akhirnya berkarir di industri pariwisata.

Sudah lama negara Italia menjadi salah satu destinasi impian banyak pelancong dunia. Begitu pun bagi penulis. Kota-kotanya menyimpan sejarah ribuan tahun serta warisan kekayaan arsitektur yang menakjubkan. Mengikuti perkembangan sepakbola nya sudah seakan mengelilingi negara asal pizza ini.

Nama-nama kotanya, mulai dari wilayah utara hingga belahan selatan pun menjadi nama-nama kota yang seketika menjadi hafalan wajib. Ingat nama klub sepakbola, ingat nama kotanya. 

Dari kota Milan, Torino, Venezia di bagian utara, lalu Florence dan Roma di tengah, hingga kota-kota di selatan seperti Napoli sampai Palermo di pulau Sicily.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN