Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Wina, Kota Musik Klasik di Austria

15 Mei 2021   09:19 Diperbarui: 15 Mei 2021   15:35 793 92 38 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wina, Kota Musik Klasik di Austria
Monumen Johan Strauss Jr di Wina | Sumber: koleksi pribadi

Wina, Wien atau Vienna tidak hanya memegang predikat sebagai ibu kota negara Austria. Kota ini pun menyandang berbagai julukan keren. Mulai dari sebutan "The City of Music" hingga "The City of Dreams". Namun, dari semua julukan itu, gelar sebagai Kota Musik Klasik yang paling populer hingga kini. Pasalnya, di kota inilah nama-nama komposer kondang, seperti W.A. Mozart, Johan Strauss Jr. dan Ludwig van Beethoven membangun karir dan meraih reputasi dunia.

Mozart dan Beethoven memang tidak lahir di kota Wina. Namun, kedua komposer kenamaan ini merintis karir cemerlang setelah pindah ke Wina. 

Wolfgang Amadeus Mozart, misalnya, lahir di Salzburg, tetapi selalu menganggap Wina sebagai kotanya. Tempat dia berkarya dan menjadi sangat terkenal. Begitu pula dengan Beethoven. Meskipun dilahirkan di kota Bonn-Jerman, Beethoven kemudian pindah menetap di Wina hingga akhir hayatnya.

Kota berpenduduk hampir dua juta jiwa ini juga sering disebut "City of Dreams" atau Kota Mimpi. Julukan yang segera mengingatkan kita akan Sigmund Freud. 

Pendiri aliran psikoanalisis yang terkenal dengan analisis mimpinya ini pernah tinggal dan bekerja di Wina. Kisah kehidupan Freud kini bisa ditemukan di Sigmund Freud Museum di Wina.

Selain julukan-julukan di atas, Wina sejak dulu dan hingga kini, selalu menjadi permata di Eropa tengah. Kota indah ini pun kerap digelari sebagai magnet di Eropa Tengah. Dan ibarat magnet, Wina mampu menyedot jutaan wisatawan mancanegara menyambanginya setiap tahun.

Natural History Museum, Wina | Sumber: koleksi pribadi
Natural History Museum, Wina | Sumber: koleksi pribadi

Pada tahun 2019, misalnya, Wina mampu meraih setidaknya 6.28 juta kunjungan wisatawan. Sedangkan Austria sendiri, sesuai data yang dirilis UNWTO (United Nations World Tourism Organization), menerima sekitar 31.9 juta wisatawan mancanegara. Pencapaian yang fantastis. Dan rekor ini pun menempatkan negara kecil di Eropa Tengah ini di posisi ke-7 sebagai "The Most Visited Destination Country in Europe".

Pintu utama ke ibukota Austria ini tidak lain adalah bandara internasional Wina atau Flughafen Wien yang berada sekitar 18 km di tenggara kota. 

Dari bandara ke pusat kota tersedia beberapa pilihan. Bisa naik taxi bandara, Uber ataupun kereta cepat City Airport Train (CAT) yang berangkat setiap 30 menit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN