Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Kala Pizza ala "Vending Machine" Menginvasi Roma

12 Mei 2021   19:03 Diperbarui: 13 Mei 2021   20:33 1528 87 38 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kala Pizza ala "Vending Machine" Menginvasi Roma
Fabrizia Pugliese berpose dengan pizza-nya. Sumber: Yara Nardi/Reuters

Inovasi memang nyaris tanpa batas. Jika dulu kita hanya bisa membeli berbagai minuman ringan, camilan, rokok, hingga kopi dari vending machine. Kini pizza, makanan khas Italia, pun bisa dibeli lewat mesin penjual otomatis ini. Bukan pizza dingin, tetapi pizza yang baru dipanggang. Freshly baked! Dan pizza buatan mesin ini bahkan sudah masuk ke Roma, ibu kota negara asal pizza. Mamma Mia!

Pizza, Spaghetti, dan Lasagna bisa dibilang makanan yang sangat identik dengan budaya kuliner di Italia. Kebanggaan ini pun kerap ditunjukkan dengan sikap resisten terhadap makanan maupun minuman asal Italia yang telah dimodifikasi negara lain. Tidak heran, Starbucks yang asal Amerika Serikat, misalnya, pernah ditolak di negeri yang menemukan kopi espresso dan cappuccino ini.

Baca juga: "Ketika McD dan Starbucks Dihadang di Italia"

Pada umumnya, semua orang Italia lebih suka menyantap pizza khas Italia yang tipis, renyah, dengan topping sederhana. Misalnya, Pizza Margherita. Selain itu, pizza Italia pun dibakar menggunakan metode klasik di perapian tungku dengan menggunakan kayu bakar. Berbeda dengan pizza Amerika yang lebih tebal dengan berbagai varian topping penuh daging. Anda pasti tahu salah satu di antaranya. Betul, contohnya Meat Lover.

Pizza Margherita, pizza khas Italia. Sumber: Su_spivack
Pizza Margherita, pizza khas Italia. Sumber: Su_spivack
Kini muncul pizza buatan vending machine (mesin penjual otomatis). Sesuatu yang biasa saja di era terkini jika dijual di kota-kota lain. Akan tetapi, tidak terbayangkan ketika pizza ala vending machine ini ada di kota Roma yang begitu membanggakan pizza tradisional buatannya sendiri. Betapa mungkin. Pizza yang dibakar oven saja sudah dianggap tidak sesuai tradisi Italia, apalagi lewat mesin.

Baca juga: "Pizza, Makanan Khas Italia yang Mendunia"

Sejatinya, pizza buatan vending machine telah ditemukan sejak tahun 2009. "Let's Pizza" adalah perusahaan asal Italia pertama yang memproduksi mesin pembuat pizza otomatis ini. 

Awalnya, Claudio Torghele, pengusaha asal Rovereto yang menciptakan mesin ini, hanya bermaksud membuat sebuah mesin untuk merubah makanan beku menjadi makanan siap saji. Ibarat fungsi sebuah microwave.

Namun, pada akhirnya, Claudio justru tergoda mengembangkan lebih jauh. Dia pun menciptakan sebuah mesin penjual otomatis yang bisa membuat pizza dari bahan mentah. Mesin otomatis ini bekerja cepat. 

Mulai dari membuat adonan, membentuk kulit pizza, menaburi topping keju dan tomat, memanggang pada suhu tinggi sekitar 380 derajat celcius, hingga menyodorkan ke pelanggan yang menunggu di depan mesin. Dan semua proses ini berlangsung sekitar 3 menit! Fantastico!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x