Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

"The Big Four" Ibu Kota Mode Dunia

10 Mei 2021   11:33 Diperbarui: 10 Mei 2021   17:25 1948 90 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Big Four" Ibu Kota Mode Dunia
Empat Besar Ibu kota Mode Dunia. Sumber: koleksi pribadi

Di industri mode dunia, status bergengsi sebagai "The Big Four" atau Empat Besar Ibu kota Mode rasanya tidak akan bergeser dalam beberapa tahun ke depan. Julukan "Ibu kota Mode" selama ini masih digenggam erat empat kota ternama di dunia fashion, yakni Paris, Milan, London, dan New York City. Meskipun demikian, pesaing lainnya, misalnya Tokyo dan Roma, juga terus menguntit di posisi berikutnya.

Industri mode dunia selalu menarik diamati. Selain berkaitan erat dengan gaya hidup masyarakat urban, industri ini juga terus melaju sebagai salah satu industri terbesar di abad ini. 

Pasar pakaian global, misalnya, diproyeksikan tumbuh dari 1.5 trilyun dolar AS ke sekitar 2.35 trilyun dolar di tahun 2025. Padahal industri mode tidak hanya soal pakaian. Tetapi, meliputi juga berbagai produk fesyen lain, dari sepatu, tas tangan, hingga aksesori lainnya.

Begitu menariknya industri ini, beberapa kota terkenal di dunia yang sangat berpengaruh di industri mode kemudian digelari "Ibu kota Mode Dunia" atau "Fashion Capitals of the World". Tentu saja, tidak mudah meraih julukan ini, apalagi masuk di kelompok Empat Besar.

Selain menjadi sentra desain, produksi, dan distribusi, kota-kota ini pun aktif menggelar berbagai aktivitas yang berkaitan dengan dunia mode, seperti pagelaran "Fashion Week". Tidak kalah pentingnya, sejalan dengan laju industri ini, di kota-kota yang sama tumbuh berbagai sekolah mode, media mode, dan lain-lain.

Kawasan belanja di Milan. Sumber: Andrea Scuratti/edition.cnn.com
Kawasan belanja di Milan. Sumber: Andrea Scuratti/edition.cnn.com
Sejak abad ke-16, kota Milan-Italia, misalnya, telah dikenal sebagai "Fashion Capital of the World". Namun, predikat ini kini pun disematkan ke kota-kota lainnya yang juga dikenal sangat terdepan di industri mode dunia, yakni Paris-Prancis, London-Inggris dan New York-Amerika Serikat. 

Paris bahkan kini lebih sering identik dengan kota mode dunia. Setidaknya, paling menonjol di kalangan wisatawan dunia yang berlibur ke Eropa.

Jika melihat sejarah, budaya, dan potensi kota-kota ini, maka tidak mengejutkan keempat kota ini pun menjadi kiblat mode dunia. Lihat saja, nama-nama desainer busana ternama yang berasal dari kota-kota tersebut. 

Atau, mari amati perkembangan mode dari pagelaran pekan mode di setiap kota tersebut. Semuanya menampilkan deretan perancang papan atas dunia!

Paris telah lama menjadi destinasi wisata nomor satu di Eropa. Ibu kota Prancis ini memang sangat terkenal dengan objek wisata menawan. Mulai dari Menara Eiffel, hingga Museum Louvre. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN