Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Penerbangan "Non-stop" Terpanjang di Dunia, Bagaimana Rasanya?

27 Oktober 2020   08:22 Diperbarui: 28 Oktober 2020   09:21 2134 78 35 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penerbangan "Non-stop" Terpanjang di Dunia, Bagaimana Rasanya?
Ilustrasi gambar olahan pribadi. Sumber: washingtonpost.com

Jika Anda menyukai perjalanan dengan pesawat terbang, maka rute penerbangan terpanjang ini boleh jadi bak pucuk dicinta ulam tiba. Puas-puasin deh terbangnya. :)

Minggu lalu, beberapa media ternama seperti Forbes, Asian Aviation, The Straits Times, dan lain-lain, kembali ramai memberitakan tentang maskapai Singapore Airlines (SIA). Ada apa lagi? 

Maskapai dari negeri jiran ini memang selalu menarik minat media dengan berbagai kiprahnya di jagat aviasi dunia. Maklum, Singapore Airlines ibarat selebritas di dunia penerbangan.

Rupanya Singapore Airlines baru saja mengumumkan rencana untuk terbang kembali secara non-stop menuju New York pada tanggal 9 November 2020 mendatang. 

Andai kata hanya penerbangan komersial biasa tentu tidak akan menjadi berita menarik. Namun, penerbangan nonsetop dari bandara Changi, Singapore ke bandara John F. Kennedy (JFK), New York, itu sekaligus menempatkannya di posisi teratas sebagai penerbangan tanpa henti terpanjang di dunia. Suatu bentangan jarak yang fantastis sekitar 16,700 km. Dan ini artinya penumpang akan berada di dalam pesawat selama lebih dari 18 jam!

Menurut data rekor dari OAG (Official Airlines Guide) 2020 dan Statista.com, rute dari bandara Newark, New Jersey (EWR), ke Singapore (SIN) berada di posisi teratas dari "Top 10 Global International Route".

Tabel Penerbangan Terjauh. Sumber: NewsReports,Flightmapper,WEF/ Statista
Tabel Penerbangan Terjauh. Sumber: NewsReports,Flightmapper,WEF/ Statista
Akan tetapi, sejak Maret lalu rute ini dihentikan karena pandemi Covid-19. Kini Singapore Airlines kembali akan mengarungi rute sama, tapi bandara tujuan di New York adalah Bandara JFK di wilayah Queens, New York, bukan Newark, New Jersey.

Sebagaimana diketahui, New York City dan wilayah sekitarnya memiliki tiga bandara besar, yakni JFK International Airport (JFK), LaGuardia Airport, dan Newark Liberty International Airport yang berada di New Jersey. Meskipun bandara Newark berlokasi di New Jersey, negara bagian yang berbeda.

Tetapi, bandara ini pun sudah dianggap "bandaranya" New York. Kurang lebih sama dengan Bandara Soekarno-Hatta yang meskipun secara resmi berada di wilayah Provinsi Banten, tetapi sudah dianggap sebagai bandara utama Ibu Kota.

Dengan kembalinya Singapore Airlines melayani penerbangan tanpa henti ini, maka sudah dipastikan maskapai ternama asal Singapore ini akan sekali lagi memegang rekor "The Longest Non-stop Flight in the World". Selain itu, untuk SQ 21 dari New York ke Singapore dengan durasi terbang 18 jam 45 menit, pun dinobatkan sebagai The Longest Scheduled Flight in the World.”

Perbedaannya hanya satu. Bandara tujuan di New York bergeser dari sebelumnya tiba atau berangkat dari Bandara Newark, New Jersey, kini berpindah ke Bandara JFK di Queens, New York. Namun rute terbang (flight route) persisnya masih belum diketahui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN