Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata ke Makam Terkenal Dunia, Bagaimana di Indonesia?

23 September 2020   08:27 Diperbarui: 23 September 2020   08:31 369 67 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata ke Makam Terkenal Dunia, Bagaimana di Indonesia?
Pere Lachaise, Paris. Sumber: www.tomakemuchoftime.com

Dunia pariwisata selalu unik dan menarik. Seakan panorama alam nan indah saja tidak cukup. Paket wisata ke pemakaman terkenal hingga yang beraroma mistis pun ditawarkan.

Sejatinya, wisata ke kompleks pemakaman bukanlah hal yang baru di dunia. Begitu pun di Indonesia. Namun, tentunya tujuan ke setiap tempat yang kadang dianggap sakral ini bisa saja berbeda.

Ada kompleks pemakaman, apalagi yang dianggap keramat, yang dijadikan tempat ziarah. Ada pula tempat pemakaman dikunjungi karena nama orang-orang terkenal yang dimakamkan di situ. Selain itu, tidak sedikit turis yang tertarik ke kompleks pemakaman semata karena keindahan disain arsitektur pemakaman yang artistik.

Di kota mode Paris, ibukota Prancis, tidak hanya Menara Eiffel dan berbagai museum terkenal yang menjadi destinasi wisata. Bukan juga butik mewah dan kafe ternama saja yang didatangi turis. Sebuah kompleks pemakaman pun menjadi destinasi wisata populer.

Pere-Lachaise Cemetery, Paris. Sumber: www.pariseastvillage.com
Pere-Lachaise Cemetery, Paris. Sumber: www.pariseastvillage.com
Adalah kompleks pemakaman "The Pre-Lachaise cemetery" yang kerap disebut sebuah monumen bagi warga Paris. Dengan luas sekitar 44 hektar, Pere-Lachaise, yang seperti sebuah museum terbuka yang indah, adalah kompleks pemakaman terbesar di kota Paris.

Tidak sembarang orang bisa dimakamkan di sini. Aturannya sangat ketat. Bahkan pengelolanya sudah membuat seperti kontrak sewa makam saja, misalnya dengan masa sewa 30 tahun. Sejak dibuka tahun 1804, setidaknya sekitar satu juta warga Paris dikubur di sini.

Popularitas Pere-Lanchaise bisa dimaklumi, jika melihat deretan nama-nama orang terkenal yang dimakamkan di sini. Beberapa di antaranya, Frdric Chopin, Jean de La Fontaine, Jim Morrison, Oscar Wilde, dll. Tidak heran, pemakaman ini mampu menarik kunjungan 3.5 juta turis setiap tahun dan sekaligus menempatkannya sebagai nekropolis paling beken di dunia.

Makam Evita Peron, Buenos Aires. Sumber: Phillip Capper/ Wikipedia
Makam Evita Peron, Buenos Aires. Sumber: Phillip Capper/ Wikipedia
Sementara itu, dari negeri tango Argentina, nama Evita Peron (1919-1952) tidak saja dikenal di negara  Amerika Selatan itu, tapi juga di dunia. Apalagi setelah film musikal "Evita" (1996) yang dibintangi penyanyi Madonna menjadi film laris pada masanya. Film yang mengisahkan kehidupannya, mulai dari awal karir, lalu menjadi First lady dari Presiden Argentina Juan Domingo Peron, hingga kematiannya di usia 33 tahun.

Eva Duarte de Peron, yang lebih tenar dengan nama Evita Peron, dimakamkan di "La Recoleta Cemetery" (Cementerio de la Recoleta), salah satu pemakaman paling terkenal di jantung kota Buenos Aires, Argentina. Makam Evita pun segera menjadi magnet kunjungan peziarah lokal hingga turis mancanegara.

Meskipun demikian, makam Evita bukan satu-satunya yang menarik di sini. La Recoleta juga kondang sebagai kompleks pemakaman orang-orang terkenal lainnya. Mulai dari Luis Federico Leloir (pemenang Nobel bidang kimia), Laksamana Guillermo Brown (pendiri Angkatan Laut Argentina), Isabel Walewski Colonna (cucu Napoleon Bonaparte), dan lain-lain.

Pemakaman Recoleta, Buenos Aires. Sumber: foto oleh Barcex/ wikimedia
Pemakaman Recoleta, Buenos Aires. Sumber: foto oleh Barcex/ wikimedia
Makam-makam di sini dibangun dengan berbagai pahatan patung dengan detail yang mengagumkan. Setiap makam didisain dengan gaya arsitektur berbeda. Ada yang seperti miniatur kuil Yunani, hingga katedral bergaya barok. Seolah kita sedang mengunjungi sebuah museum di alam terbuka saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN