Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Tren Bersepeda dan Kota-kota Sepeda Dunia

30 Juni 2020   18:00 Diperbarui: 1 Juli 2020   18:38 728 51 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tren Bersepeda dan Kota-kota Sepeda Dunia
ilustrasi bersepeda yang kembali ngetren. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Tren itu seperti musim yang berganti. Dia datang dan pergi mengikuti musimnya. Di hari-hari ini, tren bersepeda kembali datang, bahkan dengan sejuta kehebohan yang ikut dibawanya.

Sesungguhnya tren itu kian tercium, ketika bos sebuah perusahaan penerbangan pelat merah, yang kabarnya juga suka bersepeda, nekat memasukan dua sepeda lipat Brompton, selain komponen HD, dalam pesawat baru yang sedang diterbangkan ke Jakarta. 

Merek dan harga sepeda itu pun tiba-tiba membuka mata banyak orang. Brompton. Wow!

Kelompok pesepeda muncul di mana-mana. Ada yang hanya mengitari kompleks perumahan atau bersepeda pada saat 'car free day'. Namun tidak sedikit yang juga melaju di jalan-jalan raya di manapun. 

Tidak kalah menariknya, sebagian pesepeda yang sangat kreatif menggabungkan aktivitas bersepeda dengan petualangan kecil, melewati area persawahan dan melintasi sungai Cisadane. Dan petualangan ini dijual ke siapapun yang berminat ikut 'cycling adventure' ini.

Cycling adventure. (sumber: Akun FB@bobbytjhiayadi)
Cycling adventure. (sumber: Akun FB@bobbytjhiayadi)
Satu hal yang pasti dari tren ini, bisnis sepeda menjadi begitu menggoda. Pemilik toko sepeda rajin menambah stok. Lapak sepeda di dunia online ikut sibuk. Intinya, popularitas sepeda sedang meroket.

Penulis pun ikut-ikutan membersihkan sepeda yang sudah bertahun-tahun dibiarkan sepi merana tidak terurus. Kini sang sepeda tiba-tiba diajak jalan-jalan lagi, meskipun daya kayuhan sudah tidak sekencang dulu. Hahaha

Jika di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia, bersepeda seakan mengikuti tren saja, maka tidak demikian dengan beberapa kota sepeda ternama di dunia.

Bersepeda adalah keseharian mereka. Bersepeda ke mana-mana, baik ke tempat kerja, sekolah, belanja, atau sekedar bersepeda santai.

Dan sepeda-sepeda mereka itu bukanlah sepeda mahal sekelas Brompton, Giant, Specialized, Trek, atau sejenisnya yang masih kinclong. Sepeda-sepeda itu, yang banyak terlihat di jalan-jalan dan di tempat penitipan sepeda, sudah terlihat tua dan sarat pengalaman hidup di jalan-jalan. :)

Di antara banyak kota sepeda, Kota Copenhagen, ibu kota Denmark, berada di garis terdepan sebagai kota yang paling ramah untuk pesepeda. Beberapa situs bahkan selalu menempatkan kota pendongeng H.C. Andersen ini di urutan nomor satu sebagai "The World's Most Friendly-Bike City".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x