Mohon tunggu...
Tomo Sukoco
Tomo Sukoco Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Toko Ritel Stasiun, Kebutuhan Dasar bagi Konsumen Kereta Listrik

26 November 2018   13:00 Diperbarui: 26 November 2018   13:00 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Stasiun Parung Panjang merupakan stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Parungpanjang, Bogor dan melayani perjalanan KRL sejak 2009 lalu. Tingginya minat masyarakat terhadap angkutan kereta api membuat stasiun tersebut dibangun dua tingkat dengan luas kurang lebih 756 meter persegi. Hal ini dilakukan semata-mata demi kenyamanan konsumen, mengingat setiap tahunnya penumpang KRL terus meningkat.

Bangunan stasiun yang baru terletak di sebelah timur bangunan stasiun lama dan bangunan tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan calon penumpang. Fasilitas tersebut antara lain ruang tunggu yang nyaman dan bersih, mushola, toilet hingga ruang laktasi.

Sayangnya tidak ada pertokoan didalam bangunan tersebut. Jika kita melihat stasiun-stasiun lainnya, kita dapat dengan mudah menemukan toko ritel untuk memenuhi kebutuhan bahkan di stasiun kecil pun. Gedung stasiun Parungpanjang yang baru tentu akan lebih menarik dan lengkap dengan adanya toko ritel, meskipun hanya satu atau dua toko. Pada dasarnya toko ritel dalam stasiun menjadi kebutuhan bagi penumpang, terlebih jika ada kejadian gangguan operasional KRL.

Seperti yang kita tahu, hari ini terdapat gangguan operasional LAA (Listrik Aliran Atas) yang membuat perjalanan KRL terganggu. Kejadian ini membuat mengakibatkan penumpukan penumpang KRL relasi Parungpanjang-Tanah Abang. Di tengan kondisi seperti itu, banyak penumpang yang merasa haus atau bahkan lapar tetapi tidak membawa minuman dan makanan. Seandainya terdapat toko ritel dalam stasiun maka para penumpang tidak akan kesusahan untuk mencari minuman dan makanan.

Intinya pelayanan dan fasilitas yang diberikan PT KAI (Persero) sudah sangat baik, hanya saja akan lebih baik jika segera menghadirkan toko ritel di dalam stasiun yang belum memilikinya. Semoga pihak PT KAI (Persero) segera mengkaji permasalahan ini, jangan menunggu keluhan dari masyarakat baru bertindak.

Parungpanjang, 26 November 2018

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun