Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Modal Rp 340 Ribu, Naik Bus dan Kereta Berpetualang ke Tiga Kota

13 Agustus 2019   00:02 Diperbarui: 13 Agustus 2019   00:04 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
bus di Terminal Pulogebang, Dokumentasi Pribadi

Traveling, atau katakanlah bepergian, merupakan hal yang kekinian. Selain untuk memajang foto di media sosial, Traveling seakan menjadi kebutuhan. Seperti saya ini, yang terkadang jenuh dengan kondisi Jakarta.

Ke luar kota adalah solusi. 

Tapi kalau hanya sekedar ke kota yang berdekatan dengan Jakarta, kurang puas rasanya. Akhirnya saya berkeinginan ke kota seperti Cirebon. Ngapain di sana? Ya jalan-jalan dan mencari makanan Khas.

Cuma ke Cirebon saja? Saya pun kepikiran untuk mengunjungi Pekalongan. Kota yang sering saya lewati ketika masih gemar naik bus dari Salatiga ke Jakarta dan belum ada tol transjawa saat itu.

Beruntung bagi saya, ada seorang teman saya, Hariadhi yang mengaja saya jalan-jalan. Dia memamg mau ke Cirebon dan ke Semarang.

Okelah berangkat. Tapi naik apa nih? Awalnya kami berencana naik kereta api. Tapi bagaimana kalau mencoba naik bus saja. Dan akhirnya pilihan jatuh ke bus. Naiknya dari mana? 

Berhubung belum pernah ke Terminal Terpadu Pulogebang, berangkatnya dari Situ. Setelah tanya sana sini, akhirnya kami membeli tiket bus AC eksekutif senilai RP 80.000. Tidak mahal. Formasi kursi 2 kiri dan 2 kanan. 

Kalau bus ekonomi biasanya 2 kanan tiga kiri dari arah depan bus.

Perjalanan ke Cirebon hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Berangkat jam 8 dari Pulogebang jam 20.00, tiba di Cirebon sudah hampir tengah malam.

Usai semalam menginap di Cirebon, saya dan Hariadhi kemudian keesokan harinya berpetualang ke Pekalongan. Kali ini kami memilih naik kereta api dari Stasiun Cirebon. Ingin mengganti moda transportasi.

Dari Cirebon ke Pekalongan kami naik kereta APi eksekutif Ciremai. Harga tiket 180.000 untuk satu oranng. Perjalanan ke Pekalongan dengan kereta api ini, hanya kurang lebih tiga jam saja. Seperti Jakarta Bandung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun