Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus blogger di bacirita.id dan tommi.id

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Promosikan Mandalika dan Bantu Lombok Lewat TNI International Marathon 2018

3 November 2018   22:27 Diperbarui: 6 November 2018   10:15 695 0 0
Promosikan Mandalika dan Bantu Lombok Lewat TNI International Marathon 2018
dokpri

Di Indonesia, terutama di beberapa kota besar, kerap kali digelar sebuah event olahraga yang kini menjadi sport tourism. Event lari baik Marathon, Half Marathon, 10K dan 5K.Di ibukota Jakarta, ada Jakarta Marathon, Color Run. Di Jogja ada Mandiri Jogja Marathon. Bandung, dan beberapa kota lainnya juga ada. Tapi bagaimana dengan Lombok.

Pulau yang bersebelahan dengan Pulau Dewata atau Bali ini ternyata juga dihelat sebuah event lari. Namun, yang ini benar-benar berbeda penyelenggaranya. Yang menyelenggarakan adalah Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Widih!

Saya mengetahui event ini setelah mendapatkan ajakan untuk datang ke event ini. Saya dan teman-teman akan menyaksikan langsung event ini di Lombok. Dan seperti yang saya ceritakan di blog saya sebelumnya, saya berangkat dengan menggunakan pesawat Hercules VIP milik TNI-AU.

Di Lombok eventnya di Ibukota Nusa Tenggara Barat yaitu Kota Mataram? Oh tentu tidak. Event ini ternyata digelar di Kuta Mandalika, atau sebut saja Mandalika. Mandalika ini sendiri, dibuat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata oleh Presiden Joko Widodo. Sebenarnya sudah dari pemerintahan sebelumnya ditetapkan menjadi KEK, tapi baru serius digarap di era Pak Jokowi.

Mandalika ini sendiri, merupakan wilayah pantai. Saya yang datang ke Mandalika H-1 Lomba Lari TNI Marathon 2018 ini terkagum-kagum dengan keindahan Pantai Kuta Mandalika. Ah saya akan menuliskannya secara tersendiri ya.

Event TNI Marathon 2018 ini digelar Minggu 4 November 2018. Untuk kategori lomba adalah Marathon (42 KM), Half Marathon (21 KM), 10 K dan 5 K. Apa yang membedakannya dengan lomba lari lainnya?

Yang pertama adalah, Lomba Lari TNI International Marathon rute dengan pemandangan yang indah ke Mandalika. Pelari bisa akan melihat keindahan laut dan pantai Kuta Mandalika. Yang ke-2 adalah, kegiatan ini sekaligus charity untuk bencana yang menimpa Lombok beberapa bulan lalu.

Dan yang utama adalah, melalui event TNI International Marathon yang digelar dalam rangka HUT TNI ke-73 ini, untuk memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia Keindahan Mandalika sehingga diharapkan wisatawan semakin tahu Mandalika.

Jumlah peserta TNI International Marathon ini, berdasarkan data dari panitia mencapai lebih dari 5000 orang. Belum lagi personel TNI dari Tiga Matra yang akan ikut dalam lomba lari. Selain itu juga, di lokasi acara digelar pameran alutsista dan hiburan untuk warga pada Hari H nanti.

Sepertinya event ini bakal seru. Nanti saya tuliskan ya.