Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Pertama Kali ke Pelabuhan Merak dan Revolusi Mudik

13 Juni 2018   22:19 Diperbarui: 14 Juni 2018   21:21 921
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ini punya impian untuk bisa sampai ke ujung barat Pulau Jawa. Kenapa saya punya impian ini? Karena saya sudah pernah ke ujung timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi.

Pertama kali ke Banyuwangi, ketika itu saya dan rombongan naik bus dari Surabaya menuju Bali. Tahun 1993 sekitar bulan Februari.

20 tahun kemudian, saya kembali berkesempatan ke Banyuwangi. Kali ini tidak naik bus, namun saya naik pesawat. Keren kan?

Oke, kembali ke topik, saya entah berapa kali pengen ke Anyer ataupun ke Merak. Tapi entah kenapa juga sulit untuk mewujudkan keinginan ini.

Kesempatan akhirnya datang ketika saya diajak untuk mengikuti Forum Merdeka Barat 9. Biasanya forum ini digelar di Kementrian Kominfo di Jalan Medan Merdeka Barat 9. Kali ini digelar di Pelabuhan Penyebrangan Merak.

Brangkat!!!

Selasa 12 Juni 2019, sekitar jam 11.15 saya dan rombongan berangkat dari Kementrian Kominfo. Perjalanan kami ke Merak, tidak butuh waktu lama. Kurang dari dua jam karena jam 13.00 wib kurang, kami sudah tiba di pelabuhan merak.

Akhirnya keinginan saya untuk sampai ke ujung barat Pulau Jawa kesampaian. Hoorraaaay!!!

Setelah menunggu beberapa saat, kami pun diajak berkeliling pelabuhan Merak. Site visit lah gitu. Ada Bu Imelda yang mengantar kami untuk berkeliling.

Saya berkesempatan melihat terminal penumpang yang tidak membawa kendaraan. Ada yang unik, dimana saya bisa berfoto dengan pak Jokowi. Lucu kan?

Nggak cuma itu aja, saya juga melihat ada adik-adik pramuka yang membantu mengatur penumpang. Ini keren sih. Bagi yang ingin mencharge baterai ponsel juga disiapkan terminal listrik untuk charger.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun