Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Danau Sunter Barat yang Semakin Bagus

28 Desember 2017   11:24 Diperbarui: 28 Desember 2017   11:27 2805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Danau Sunter atau Waduk Sunter yang berada di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, ada dua.

Yang di sisi timur, berada di depan Hotel Sunlake. Dan sisi barat  yang berdampingan dengan rumah-rumah warga. Dua Danau Sunter ini,  awalnya dua sisi yang sangat berbeda. 

Danau Sunter sisi timur menjadi lokasi wisata. Ada wahana permainan  air, ada tempat memancing, dan bahkan ada restoran hingga dengan tempat  untuk duduk-duduk di pinggir danau. Kontras sekali dengan Danau Sunter sisi barat. Siapa yang tidak tahu  kalau Danau Sunter Barat ini biasanya penuh sampah dan berbau. 

Tapi itu dua atau tiga tahun lalu.

Ketika saya melintasi Danau Sunter Barat setahun lalu, saya sempat  melihat Danau Sunter Barat ini mulai dibenahi. Dipasangi turap berupa  sheetpile di sekelilingnya. Oh iya, sebelumnya, sampah-sampah sudah  mulai dibersihkan juga.

Ketika sheetpile atau turap sedang dipasang, saya sempat menuliskannya di blog saya.  

Setahun berselang, sekitar bulan Agustus, saya melihat ada  pembangunan jalur pedestrian di tepi Danau Sunter Barat ini. Saya  menyempatkan diri untuk mengambil fotonya dan mempostingnya di akun  instagram milik saya. Sebenarnya saya berencana untuk menulis blog tentang pembangunan jalur pedestrian ini. Tapi kok malas ya? Hehe

Oke, lanjut

Dua bulan kemudian, saya melihat jalur pedestrian ini sudah hampir selesai dibangun. Tapi masih dirapikan di sana-sini. Tidak lama berselang, sewaktu saya kembali melintas, pekan ketiga  bulan Desember, saya melihat Jalur Pedestrian ini sudah selesai  dibenahi.  Jujur saja, saya terpana, terpesona atau apapun itu istilahnya. Danau Sunter Barat kini berubah total. Dari Danau yang seakan tidak terawat, sudah semakin cantik. Jalur Pedestrian sangat lebar. Dua meteran lebarnya rata-rata. 

Jalur Pedestrian ini juga dibuatkan jalur khusus apabila kita hendak bersepeda. Diberikan tanda khusus. 

dok. pribadi
dok. pribadi
Tidak hanya itu. Di Jalur Pedestrian ini banyak pohon. Dan di bawah  pohonnya, ada bangku dari plastik yang menghadap ke Danau Sunter. So  pasti, kita bisa bersantai sembari menikmati Danau Sunter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun