Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Kerennya Sarana Bermain Anak di RPTRA Kalijodo

7 Maret 2017   19:47 Diperbarui: 7 Maret 2017   20:07 1297 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerennya Sarana Bermain Anak di RPTRA Kalijodo
dokumentasi pribadi

Kita pasti sudah tahu lah soal Kalijodo. Sebuah wilayah "abu-abu" yang kini sudah berubah fungsi, menjadi sebuah tempat yang "hits bingits" atau sedang menjadi trend dua bulan belakangan ini.

Sayangnya, meskipun sudah ngetop atau sedang beken, yang kerap terekspos adalah skatepark atau tempat bermain skateboard, sepeda bmx dan inline skate. Lokasinya ada di Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Kalijodo. Masuknya wilayah Jakarta Utara.

Di wilayah Jakarta Barat (Kalijodo ini terbagi dalam dua wilayah, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, dan Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara), ini ada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak.

Karena yang sering menyedot perhatian adalah skatepark atau ada yang bilang dengan kalijodo x-park, RPTRA ini sepertinya sedikit luput.

Saya yang memang sedang senang berkunjung ke RPTRA dari tahun 2016 lalu, Selasa 7 Maret kebetulan sedang meliput kegiatan Musrenbang di Kecamatan Penjaringan. Karena lokasinya tidak berjauhan, seusai acara musrenbang, memutuskan untuk ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Saya memang sudah beberapa kali ke lokasi ini. Dari semenjak sementara dibangun, hingga diresmikan oleh pak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok Rabu 22 Februari lalu. Namun RPTRA ini, belum tersentuh oleh saya.

Saya pun meluncur ke RPTRA Kalijodo. Menggunakan sepeda motor tentunya walaupun sepeda motor pinjaman. Saya masuk dari arah Jakarta Utara, yang jalan menuju teluk gong. Saya tidak langsung ke RPTRA, tapi saya mampir di Ruang Publik atau Ruang Terbuka Hijau Kalijodo yang letaknya bersebelahan dengan Skatepark.

Setelah selesai mengambil foto (untuk kepentingan tulisan yang lain juga tentunya), saya menuju ke RPTRA Kalijodo. Menyebrangi wilayah Jakarta Utara ke Jakarta Barat.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Usai parkir motor, saya masuk ke RPTRA Kalijodo. Yang saya tuju pada awalnya adalah sarana bermain anak, yang berukuran besar. Karena berwarna mencolok, sudah pasti ini menarik perhatian saya. Sewaktu saya berkunjung, lumayan banyak anak-anak yang sedang bermain.

Saya melihat, lantai dari sarana bermain anak-anak ini, bahannya empuk. Seperti bahan sintetis begitu. Jadi tidak perlu khawatir kalau anak-anak terjatuh akan luka. Sarana bermain ini, terintegrasi. Ada perosotan memutar, ada perosotan biasa dan tangga untuk memanjat.
 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

 Setelah mengambil foto tiga sisi dari sarana bermain anak ini (untuk kepentingan buku saya nanti), saya melihat ada lapangan sepakbola kecil di tengah-tengah RPTRA. Lapangan sepakbola ini tidak berlantai beton selayaknya di banyak RPTRA lainnya yang pernah saya kunjungi.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Lapangan sepakbola di RPTRA Kalijodo ini memakai rumput. Seperti lapangan sepakbola pada umumnya. Ada gawang di kedua sisi lapangan sepakbola.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x