Mohon tunggu...
Boris Toka Pelawi
Boris Toka Pelawi Mohon Tunggu... Aktor - Kompasianer

-

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kenapa Korea Selatan Tega Berbuat Rasis di Olimpiade Tokyo 2020

2 Agustus 2021   10:11 Diperbarui: 2 Agustus 2021   10:16 864 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Korea Selatan Tega Berbuat Rasis di Olimpiade Tokyo 2020
sumber gambar kabar24 bisnis.com

Olimpiade Tokyo 2020 menyisipkan pemberitaan yang tidak menyenangkan.Bagaimana tidak, negara yang kini jadi kiblat hiburan dunia dinilai melakukan tindakan yang merendahkan negara lainnya.Negara asal boyband BTS ini beberapa kali bertindak di luar batas.Saya cukup kaget juga mendengar pemberitaan tersebut, padahal korsel sendiri adalah penentang meluasnya rasisme anti-Asia.Namun sebenarnya itu bukan berita baru.

Dari beberapa informasi yang pernah saya baca masyarakat korea selatan memang rasis terhadap pendatang.Dari segi iklan misalnya.Pernah suatu kali ada iklan di korsel, iklan tersebut bunyinya begini,"Wanita seperti ini (merujuk pada wanita berkulit putih) menginginkan pria seperti ini (merujuk pria berkulit putih).Contoh lain, kalau kita lihat, semua personil boyband asal korsel saat ini berkulit putih.Sebenarnya tidak ada masalah, karena memang orang korsel berkulit putih.Hanya saja muncul pertanyaan, apakah jika ada orang berkulit hitam  terjun di industri K-Pop korsel dapat menerima? Tentu butuh penelitian dan pembuktian lebih lanjut.

Sebelum mengambil kesimpulan prematur, ada baiknya kita baca dulu daftar kontroversi yang dilakukan korea selatan.

1.Merendahkan Indonesia Dengan Memberikan Informasi yang Tidak Relevan

"Sedikit informasi mengenai Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, negara dengan penduduk terpadat di dunia urutan ke-4, memiliki GDP rendah, vaksinasi rendah, dan 6 persen penduduknya terinfeksi Covid-19."MBC, stasiun televisi nasional Korea Selatan .

Tak berhenti sampai disitu, Indonesia juga diperkenalkan sebagai negara dengan lonjakan kasus COVID-19 tertinggi di dunia. Bahkan mereka menggunakan foto peta Indonesia dengan penempatan lokasi yang salah.Ini tentu sangat kelewatan.Apa hubungannya  kasus COVID-19 dengan perhelatan olimpiade ?

2.Negara Lain Juga Jadi Korban Ulah Jahat MBC di Olimpiade Tokyo 2020

Bukan hanya Indonesia, negara lain juga terkena "aksi brutal" Korea Selatan.Seperti negara El Savador misalnya, MBC memperkenalkan negara tersebut dengan foto Bitcoin yang sempat kontroversial di negara itu.Lalu, MBC salah menuliskan deskripsi negara Swedia yang seharusnya ditulis negara maju karena salah ketik menjadi sup darah sapi. Negara Inggris diperkenalkan MBC menampilkan foto Ratu Elizabeth, Kerajaan Buckingham dan Tower Bridge.Selain itu, mereka juga menambahkan komentar bahwa Inggris tidak perlu perkenalan lebih jauh karena  Korea Selatan karena sudah terkenal dengan The Beatles dan Harry Potter.

Entah apa maksud dari MBC melakukan hal-hal nyeleneh demikian.Padahal seharusnya setiap negara diperkenalkan keunikannya secara positif.Tidak boleh ada unsur tendensius.Tentu ini merusak spirit perdamaian dalam olimpiade Tokyo 2020.

3.Permintaan Maaf MBC

"Kami meminta maaf kepada sejumlah negara dan para penonton. MBC menggunakan gambar dan judul yang tidak layak selama upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021. Kami dengan tulus meminta maaf kepada sejumlah negara dan penonton," tulis MBC.

MBC memang sudah meminta maaf, namun tindakan seperti ini tentu tidak dapat dimaklumi begitu saja.Pasalnya pada ajang Asian Games 2018, stasiun televisi Korea Selatan, KBS, memperkenalkan Indonesia sembari menampilkan citra kumuh kota Jakarta.Tentu hal ini adalah kesengajaan.Bagaimana kalau korsel diperkenalkan dengan jumlah rakyatnya yang bunuh diri? Atau kulit mereka yang kebanyakan "terbuat dari plastik?" Tentu korsel akan tersinggung dan malu.

Sama halnya dengan yang dialami negara-negara yang mereka perkenalkan dengan cara yang tidak proporsional.Maka sebaiknya ada sanksi khusus yang diberikan kepada korsel, atau pada stasiun televisi MBC.Tujuannya, agar dalam penyelenggaraan selanjutnya tidak ada kejadian serupa.Karena hal ini tentu sangat memalukan untuk negara yang diperlakukan demikian.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x