Mohon tunggu...
Boris Toka Pelawi
Boris Toka Pelawi Mohon Tunggu... Aktor - Kompasianer

-

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi Presiden Penuh Cinta, Dibalas Air Tuba oleh Amien Rais

14 Maret 2021   22:03 Diperbarui: 14 Maret 2021   22:19 1212 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jokowi Presiden Penuh Cinta, Dibalas Air Tuba oleh Amien Rais
Sumber gambar tribunnews.com

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais kembali menuangkan keresahannya terhadap kondisi perpolitikan Indonesia belakangan ini. Salah satu kecurigaan Amien yakni ada upaya yang dilakukan sejumlah pihak untuk menerbitkan pasal dalam aturan hukum agar presiden Joko Widodo bisa kembali memimpin dalam tiga periode.Amien mengaku menangkap adanya sinyal politik terkait skenario yang tengah dilakukan sejumlah pihak untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya melalui manuver politik yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengamankan semua lembaga negara, mulai dari DPR, MPR, DPD, maupun lembaga negara lain guna mencapai tujuan tersebut. (CNN Indonesia)

Ternyata bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu tidak membuat Amien Rais berubah. Jika selama ini Amien Rais getol mengkritik Jokowi tanpa dasar, kini Amien Rais makin menjadi-jadi dengan sangkaan yang tidak main-main terhadap Presiden Jokowi.

Mungkin ini karena ketika Amien Rais dan timnya menemui Presiden Jokowi mengenai kematian 6 Laskar Front Pembela Islam, hasil yang mereka dapat tidak sesuai yang diharapkan. Artinya Presiden Jokowi tetap percaya dengan hasil yang sudah dikeluarkan Komnas HAM, bahwa tidak ada pelanggaran dalam tindakan polisi saat menangani 6 anggota laskar FPI yang tewas.

Tapi Mari kita berfokus pada tuduhan Amien Rais yang menganggap Jokowi berusaha melanggengkan kekuasaannya sampai tiga periode. Jokowi sendiri sebenarnya sudah pernah mengatakan dengan tegas bahwa usulan tiga periode benar-benar mencoreng wajahnya. Dari kalimat ini saja kita bisa tahu bahwa Jokowi memang tidak pernah berniat menjabat sampai 3 periode.

Yang berharap Jokowi sampai tiga periode sebenarnya banyak. Bukan dari kalangan politisi saja, Bahkan dalam berbagai hasil survei nama Jokowi masih menempati peringkat teratas. Artinya rakyat masih percaya pada kepemimpinan Jokowi

Tapi Sudah barang tentu Jokowi menolak gagasan tersebut.Sebab Jokowi begitu menghayati perjuangan mencapai reformasi, ada begitu banyak darah tertumpah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara demokrasi. Oleh sebab itu sebenarnya Amien Rais tidak perlu khawatir kalau Jokowi akan berusaha menjabat selama tiga periode.

Seperti yang saya katakan, adalah betul pasti banyak orang sekitar Jokowi yang berharap Jokowi masih bisa memimpin Indonesia di periode selanjutnya. Apalagi mereka yang diberi jabatan oleh Jokowi pasti ingin melanggengkan jabatan tersebut.

Maka kalau yang berinisiatif seperti itu adalah orang-orang di sekitar Jokowi maka tak seharusnya Jokowi disalahkan. Sebab terlepas dari benar atau salah nya mengusulkan Jokowi 3 periode juga adalah bagian dari kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi.

Tapi Jokowi sebagai presiden yang cinta Indonesia serta sejarah reformasi negara Indonesia, pasti tahu melakukan tindakan yang benar. Sehingga Amien Rais sebenarnya tidak perlu takut dengan wacana Jokowi 3 periode.

Sebagai orang yang sudah diberi kesempatan bertemu dengan Jokowi harusnya Amien Rais belajar. Bahwa Jokowi bukanlah sosok otoriter yang tidak mau mendengarkan kritik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan