Mohon tunggu...
Boristoteles
Boristoteles Mohon Tunggu... Kompasianer

Terimakasih buat teman teman yang sudah membaca, vote, dan memberi komentar.Semoga banyak rezekinya ya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi Presiden "Tersakti" Tundukkan Demokrat Versi Moeldoko

12 Maret 2021   06:27 Diperbarui: 12 Maret 2021   07:15 2213 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jokowi Presiden "Tersakti" Tundukkan Demokrat Versi Moeldoko
Sumber gambar tribunnews.com

Salah satu panitia Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Ilal Ferhard, menyatakan bahwa partainya bakal mendukung Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.Ia pun mengungkapkan bahwa partainya membuka pintu bila Presiden Jokowi meminta kader Partai Demokrat di bawah pimpinan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko untuk menduduki kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Namun, menurutnya, keputusan untuk mengusung nama yang akan menduduki kursi menteri ada di tangan Moeldoko dan Jokowi.(CNN Indonesia)

Tentu para pengamat politik terhebat pun dibuat kaget dengan kondisi perpolitikan hari ini. Setelah pada periode pertama nya Jokowi banyak digoyang isu kudeta, sehingga banyaknya serangan yang membuat pemerintahannya seolah tidak stabil, kini kepemimpinan Jokowi malah berjalan mulus tanpa ada ada halangan berarti.

Walaupun kalau mau lihat sisi negatifnya, tentu tidak baik sebuah pemerintahan di mana kekuatan oposisi nya tidak seimbang. Sebab negara yang sehat harus punya oposisi yang sama kuat agar fungsi check and balance berjalan dengan baik. Inilah sisi negatif kondisi saat ini.

Tapi jika kita mau melihat politik secara murni, Apa yang dilakukan Jokowi benar-benar sebuah sentuhan ajaib.Jokowi mampu menaklukkan Prabowo Subianto dengan memberi jabatan Menteri Pertahanan. Bukan hanya itu Gerindra juga diberi tambahan satu menteri lagi yaitu menteri Kelautan dan Perikanan.

Nyaris ketika Gerindra bergabung dalam pemerintahan hanya Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera yang menjadi oposisi pemerintah. Dua partai ini saja sebenarnya sudah tak kuat atau tak seimbang suaranya di parlemen untuk mengimbangi koalisi gemuk Jokowi.

Namun bukannya bertambah kuat, kubu oposisi Malah semakin melemah dengan Gejolak Partai Demokrat. Moeldoko kepala staf kepresidenan kini sudah didaulat menjadi ketua umum partai Demokrat versi kongres luar biasa Deli Serdang. Belum genap sebulan, Partai Demokrat versi Moeldoko sudah berkomitmen dan siap mendukung presiden Jokowi.

Bahkan Partai Demokrat versi Moeldoko siap jika Presiden Jokowi meminta salah satu kadernya menjadi menteri. Ya iyalah siapa sih yang tidak mau kadernya ditunjuk menjadi menteri. Tapi kalaupun hal itu tak terjadi, pernyataan dukungan penuh pada Presiden Jokowi ini tentu membuat waswas kubu Agus Harimurti dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebab sejak ada isu kudeta terhadap Partai Demokrat Agus Harimurti dan Susilo Bambang Yudhoyono memang sangat berharap pada intervensi Jokowi. Agus Harimurti sebagai ketua umum dan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Majelis tinggi berharap pemerintah melarang penyelenggaraan Kongres luar biasa di Deli Serdang.

Namun pemerintah sudah bersikap Terhadap isu tersebut dengan mengatakan bahwa hal itu adalah isu internal partai Demokrat. Namun sepertinya isu ini akan memasuki babak baru. Sebab baik kubu Agus Harimurti Yudhoyono maupun kubu Moeldoko akan segera atau bahkan sudah menyerahkan berkas berkas kepada Kemenkumham.

Namun terlepas dari itu semua, kita bisa melihat bahwa tidak ada gejala bahwa pemerintahan Jokowi semakin lemah. Sekokoh infrastruktur yang dibangunnya, sekokoh itu pula fondasi pemerintahan Joko Widodo. Sekali lagi, walaupun oposisi yang terlalu lemah tidak sehat, namun secara politik murni Jokowi benar-benar pandai menaklukkan lawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN