Mohon tunggu...
Boris Toka Pelawi
Boris Toka Pelawi Mohon Tunggu... Aktor - .

.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

"Top Ten Interview Questions" dan Cara Menjawabnya

19 Oktober 2017   13:05 Diperbarui: 15 April 2019   15:11 8390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar (buzznigeria.com)

Tadi malam saya membuka youtube, tujuannya mencari video untuk belajar bahasa inggris. Akhirnya ketemulah beberapa video, lalu saya download. Yah, harusnya saya memantapkan bahasa inggris dari dulu. Tapi ya sudahlah, bahasa inggris dan kamu adalah dua hal yang tak ingin saya sesali ---mulai geje!

Nah saat tengah mencari video tersebut, saya menemukan sebuah video yang menurut saya cukup menarik. Videonya berjudul, Top Ten Interview Questions and Answers, dijabarkan dalam bahasa inggris. Tapi penjelasannya menarik juga untuk pengetahuan dalam dunia kerja. Nah, saya bakal coba jabarkan poin-poin dari video tersebut, tentu ditambah dengan sedikit banyak pengalaman dan pengetahuan saya selama mengenal dunia kerja.

Seperti yang kita tahu, interview adalah salah satu tahap yang penting saat kita akan melamar sebuah pekerjaan. Jika kita sudah lolos tes tertulis, biasanya kita akan memasuki tahap wawancara. Tak jarang ini adalah tes terakhir. Biasanya ada yang interview dengan HRD (Human Resources Development) dan juga dengan User (pimpinan divisi yang akan kita masuki), tergantung perusahaannya.

Saya sendiri bukan orang yang selalu lolos pada tahap ini. Tak jarang saya juga gagal, dan pulang tanpa sebuah pekerjaan. Makanya sekalipun ada tips-tips yang bisa kita pelajari, dan kita terapkan seratus persen, menurut saya hal itu tak menjadi jaminan kita akan diterima bekerja. Karena setiap orang punya penilaian subjektif, jadi yang bisa kita lakukan hanyalah meminimalisir kelemahan dan kesalahan kita saja.

Oke langsung saja, hal apa sajakah yang akan jadi pertanyaan sekaligus tantangan bagi kita pelamar kerja saat tahap interview?

1. Tell me about your self

Saya rasa ini adalah pertanyaan wajib dalam setiap interview. Saya pernah mengikuti tes kerja (walk interview), saya dan yang lain dikasih sepuluh pertanyaan tertulis, dikerjakan dalam lima belas menit, lalu dicek selama sepuluh menit oleh si pemberi tes. Habis itu kami disuruh mepresentasikan lima hal: Nama, pendidikan terakhir, pengalaman kerja terakhir, usia, dan posisi yang dilamar.Seingat saya presentasi ini hanya makan waktu satu menit.

Setelah semua mempresentasikan dirinya, lalu sipemberi tes mengumumkan, yang disebut namanya dipersilahkan keluar sedang yang tak disebut namanya diam di ruangan. Yang keluar artinya tak lolos tes, nama saya juga disebutkan ketika itu, dan saya keluar, perasaan saya hampa, wajahmu terbayang-bayang, seandainya dalam kondisi begini ada kamu disiku..

Oke, saya juga kurang paham secara detail apa kriteria dan bagaimana si pemberi tes menentukan bahwa yang ini lolos dan yang ini tidak. Tapi menurut saya penilaiannya terletak pada bagaimana kita memperkenalkan dan mempresentasikan diri kita sendiri. Satu tips dari saya saat kalian disuruh begini, tataplah mata sipemberi tes dihadapanmu (tapi awas jangan sampai jatuh cinta pada pandangan pertama). Karena dengar-dengar, komunikasi non verbal kita juga jadi penilaian.

Lalu bagaimana jika kita disuruh memperkenalkan diri tapi tidak dikasih tahu hal apa saja yang harus disebutkan. Berdasarkan video (silahkan tonton sendiri dengan meng-klik judul di atas kalau mau lebih komplit) ada beberapa hal yang bisa kita sebutkan: nama lengkap, alamat tinggal, pendidikan, pengalaman kerja, dan informasi singkat mengenai keluarga kita. Tak usah dikasih contoh ya. Tapi intinya tak jauh beda dengan yang saya alami pas lagi interview kerja.

2. Why do you want to work at our company?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun