Mohon tunggu...
TOG INDONESIA
TOG INDONESIA Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Etika yang Harus Diperhatikan Ketika di Tempat Kerja

3 Januari 2019   15:38 Diperbarui: 3 Januari 2019   16:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
5 Etika yang Harus Diperhatikan Ketika di Tempat Kerja
dok.Tog Indonesia

Halo sobat TOG HR Indonesia, Ketika kita berada di suatu tempat, tentu saja selalu ada peraturan atau biasa yang disebut dengan etika yang harus dipatuhi. Seperti halnya di tempat kerja, tentu saja ada etika-etika di dalam lingkungan kerja. Etika sendiri berfungsi untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu kenyamanan individu yang lainnya. Individu pun bermacam-macam sifatnya, ada yang dapat langsung dengan mudah menyesuaikan diri, namun ada pula yang kurang bisa menyesuaikan diri, sehingga membutuhkan pihak lain untuk memberikan pengarahan.

Di manapun kita berada kita akan selalu dihadapkan pada etika, termasuk dalam lingkungan kerja. Karena etika juga sangat penting dalam dunia kerja, hal ini dikarenakan etika menjadi kunci atau panduan kita dalam profesionalisme kerja.  

Etika kerja adalah aturan normatif yang mengandung sistem nilai dan prinsip moral yang merupakan pedoman bagi karyawan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya dalam perusahaan.

Etika ini dibuat untuk karyawan agar karyawan menjadi lebih disiplin dengan menaati etika yang berlaku di tempat kerja sehingga dapat memperlancar kinerja sehari-hari.

Di bawah ini ada beberapa etika yang harus diperhatikan ketika di tempat kerja:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

etika (www.pexels.com)
etika (www.pexels.com)
Jika di perusahaan tempat Anda bekerja sudah ada yang namanya OB (Office Boy) yang bertanggung jawab atas kebersihan, bukan berarti Anda tidak perlu ikut menjaga kebersihan lingkungan kerja juga. Etika utama adalah Anda harus ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja. Mengapa demikian? Karena kebersihan di tempat kerja sangat penting dan dapat memberikan pengaruh kepada kinerja.

2. Jangan Tertawa Dan Berbicara Terlalu Keras

Saat berada dalam suasana kantor, pada dasarnya tidak ada yang melarang untuk tertawa dan berbicara. Namun demikian, ada volume yang perlu diatur. Jika Anda tertawa dengan suara yang keras, atau mungkin berbicara dengan suara terlalu keras, maka akan mengganggu kenyamanan kerja karyawan lain disekitar Anda.

3. Tidak Menggunakan Toilet Terlalu Lama

etika (www.lp.myfave.com)
etika (www.lp.myfave.com)
Toilet merupakan fasilitas umum yang disediakan perusahaan untuk seluruh karyawannya. Dengan demikian, toilet tersebut bukan untuk Anda sendiri, melainkan juga untuk karyawan yang lain. Sehingga saat menggunakan toilet, gunakanlah seperlunya. Jangan menggunakan toilet untuk tidur,merokok, atau hal lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2