Karir

5 Waktu yang Tepat untuk Menambah Karyawan Baru

7 Desember 2018   15:38 Diperbarui: 7 Desember 2018   16:15 157 0 0
5 Waktu yang Tepat untuk Menambah Karyawan Baru
sumber: tog Indonesia

Selamat hari Jumat sobat TOG, Seorang pengusaha yang ingin bisnisnya besar tentu harus memiliki sebuah tim untuk mendongkrak pendapatan perusahaan. Jika visi misi perusahaan Anda besar dan banyak yang harus diselesaikan, Anda tentu harus menambah jumlah karyawan/tim Anda. Akan tetapi, mayoritas pengusaha masih bingung mengenai kapan waktu yang tepat untuk merekrut karyawan.

Baik pengusaha besar maupun kecil, memutuskan untuk menambah pegawai atau tidak adalah salah satu keputusan yang sulit untuk dibuat. Pasalnya, akan terdapat biaya pengeluaran tambahan. Namun hal ini memang merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Berikut ini 5 waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru:

1. Sudah punya rencana jelas kemajuan perusahaan untuk 1 tahun ke depan

menambah karyawan (jobhunterfb.blogspot.in)
menambah karyawan (jobhunterfb.blogspot.in)
Akan lebih baik jika dari awal Anda sudah memiliki rencana bisnis, menetapkan tujuan dan mempunyai ide mengenai ke mana bisnis Anda akan berjalan. Sebelum merekrut, review kembali tujuan bisnis Anda. Lihat apakah jumlah karyawan yang banyak akan memberikan kontribusi maksimal pada perusahaan.

Kemudian, lihat tipe karyawan seperti apa yang cocok dan bisa membantu untuk mencapai tujuan? Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mengerjakan proyek tertentu?

2. Pekerjaan yang semakin banyak dan tidak dapat diselesaikan sendiri

Jika bisnis Anda sedang bertumbuh dan semakin besar, tentu akan banyak tugas yang harus diselesaikan. Bila dulu Anda masih melayani 20 pelanggan sehari, saat bisnis Anda membesar mungkin saja Anda harus melayani 50 pelanggan atau lebih dalam sehari.

Melayani 50 pelanggan sehari tentu bukan hal yang mudah dan membutuhkan banyak waktu. Pekerjaan seperti itu selayaknya ditangani oleh orang lain sehingga waktu Anda bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak.

3. Sudah mampu secara finansial untuk menggaji karyawan baru

menambah karyawan (jobhunterfb.blogspot.in)
menambah karyawan (jobhunterfb.blogspot.in)
Setiap karyawan baru membutuhkan pelatihan, mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, upah setiap bulan dan sebagainya. Apakah kondisi finansial perusahaan Anda sanggup memenuhi semua kebutuhan tersebut? Merekrut karyawan baru berarti Anda akan menambah pengeluaran pada beberapa waktu awal.

4. Perusahaan sudah semakin berkembang

Walaupun sederhana, namun hal ini penting untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri. Mempekerjakan karyawan baru adalah keputusan yang tepat jika perusahaan Anda saat ini sedang tumbuh. Jika Anda mengalami pertumbuhan yang lambat, mungkin ini saat yang terbaik untuk melakukan penambahan karyawan.

5. Ingin melebarkan dan membesarkan bisnis Anda

menambah karyawan (www.newpathcareersolutions.com)
menambah karyawan (www.newpathcareersolutions.com)
Semua pengusaha tentu ingin bisnisnya semakin besar, mungkin juga Anda salah satunya. Bisnis besar tentu membutuhkan tim yang solid untuk saling bekerja sama. Namun terkadang ada sebagian pengusaha yang tidak memikirkan hal ini. Semua tugas dan pekerjaan di kerjakan sendiri untuk meminimalisir pengeluaran setiap bulan. Jika Anda seperti ini, Anda tentu akan kehilangan kesempatan untuk menghasilkan income ratusan juta atau milyaran rupiah setiap bulannya.

Saat Anda bekerja secara 'single fighter', Anda mungkin hanya bisa mendapatkan omset 10 juta per bulan. Namun ketika Anda bekerja sama dengan orang lain, Anda mungkin bisa memaksimalkan potensi bisnis hingga menghasilkan 50, 70 bahkan 100 juta per bulan. Bahkan mungkin bisa milyaran, asal Anda punya integritas dan kepemimpinan yang baik.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. 

Salam Sukses

PT. TOG HR Indonesia