Karir

Lakukan 5 Cara Ini Agar Tetap Kreatif sampai Tua Nanti

10 September 2018   14:38 Diperbarui: 10 September 2018   14:44 384 0 0
Lakukan 5 Cara Ini Agar Tetap Kreatif sampai Tua Nanti
TOG INDONESIA

Menjadi lebih kreatif bukan hanya sebuah keharusan yang dimiliki seseorang dalam bekerja, tetapi juga penting untuk dipelajari serta dikembangkan oleh setiap orang apalagi untuk sampai di hari tua nanti. Hal ini membantu untuk bisa lebih mudah dalam menemukan berbagai solusi serta jalan pintar di dalam berbagai masalah yang datang dan juga pekerjaan.

Kreatif bukan hanya sebuah bakat atau diturunkan dari orang tua ke anaknya, tetapi kemampuan ini juga dapat dipelajari dan juga dikembangkan.

Kreatif bisa juga berarti memiliki kemampuan untuk bisa mencapai sebuah hasil yang maksimal di dalam bidang yang ditekuni, dan bahkan di dalam semua aspek kehidupan yang dijalani saat ini.

Ada diantara Anda yang berpikir kalau menjadi lebih kreatif bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut?

--

Yuk simak 5  cara di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk tetap kreatif ketika kita menjadi tua nanti:

1. Berkumpul dengan orang-orang yang kreatif

Lingkungan di sekitar akan sangat mempengaruhi kehidupan kita, termasuk kemampuan kita dalam mengembangkan berbagai ide di dalam pikiran. Jika berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang kreatif, maka besar kemungkinan kita juga akan lebih kreatif dari sebelumnya.

Hal ini dipengaruhi oleh minat dan juga kenyamanan pada lingkungan yang Anda miliki, saat sudah merasa nyaman dengan lingkungan Anda, maka Anda akan lebih tenang dan kreatif. Jika memiliki lingkungan yang seperti ini, maka bisa menunjukkan kreatifitas Anda pada mereka, dan meminta saran atau masukan atas hal tersebut, sehingga bisa berkembang ke arah yang lebih positif dan kreatif lagi.

2. Belajar Dari Kesalahan

Sangat manusiawi kalau kita pernah membuat suatu kesalahan, dan semua orang pasti pernah melakukan hal ini. Tidak perlu menghukum diri atau menjadi penakut atas berbagai kesalahan yang mungkin pernah terjadi di dalam kehidupan, sebab tindakan ini akan sangat merugikan diri sendiri dan membuat Anda takut untuk mencoba kembali.

Cobalah untuk belajar dari setiap kesalahan yang pernah terjadi, di mana Anda dapat memetik berbagai pelajaran berharga atas hal tersebut. Coba dan terus mencoba, hingga di satu titik tidak mengalami kesalahan yang sama dan berhasil dengan baik. Hal ini tentu akan membantu menjadi lebih kreatif dalam mengatasi berbagai kesalahan yang sudah pernah terjadi sebelumnya.

3. Terbiasa Membawa Media Tulis

Ide dan kreatif adalah satu kesatuan yang selalu tergabung, di mana hal ini akan seringkali datang secara tiba-tiba di dalam benak. Berbagai aktivitas atau kejadian yang dilihat, bisa saja tiba-tiba memunculkan berbagai macam ide yang dapat membuat berpikir lebih kreatif dari sebelumnya.

Hal ini harus ditanggapi dengan serius, yakni dengan segera mencatat berbagai ide tersebut pada wadah yang tepat, seperti: handphone, notebook, atau berbagai wadah tulis lainnya yang selalu setia menemani Anda.

Sesuatu yang hadir secara tiba-tiba di dalam benak, sangat mungkin  untuk terlupakan dalam kurun waktu yang singkat pula, jadi jangan lupa untuk segera mencatatnya agar bisa melihat dan mengingatnya kembali.

--

4. Terbiasa Untuk Improvisasi

Memiliki kemampuan untuk berimprovisasi juga akan menjadi langkah tepat bagi Anda dalam melatih kreatifitas. Jangan hanya melakukan hal-hal yang standar dan selalu berulang, sebab ini akan membosankan dan tidak akan bisa membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Namun, jika Anda memiliki keberanian untuk melakukan hal / jalan yang berbeda dari biasanya, ini akan membantu Anda untuk mengasah kreatifitas Anda menjadi lebih tajam lagi. Improvisasi akan membantu menemukan berbagai ide lain dan baru di dalam berbagai hal yang dijalani.

5. Mengambil Kursus Kreatif

Jika Anda tipikal orang yang lebih suka dipandu untuk menjadi lebih kreatif, mengambil kursus kreatif adalah salah satu cara yang baik untuk mengembangkan kreativitas Anda.

Apapun jenis kursus yang Anda ambil, Anda akan berhadapan dengan cara berpikir yang berbeda dan pendekatan yang dapat diterapkan dalam pekerjaan Anda.

Anda juga akan dikelilingi oleh orang-orang yang berbagi goal dari mengembangkan kemampuan kreatif mereka. Anda juga dapat belajar dari rekan dan saling melakukan review hasil pekerjaan agar mendapat sudut pandang yang baru mengenai ide Anda.

Dengan berbagi ide Anda dengan orang lain, Anda akan dipaksa untuk menemukan cara untuk merumuskan apa yang ada dalam pikiran Anda ke dalam kata-kata dan visual serta belajar untuk menangani kritik dari orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2