Mohon tunggu...
TOG INDONESIA
TOG INDONESIA Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web

7 Agustus 2018   14:08 Diperbarui: 7 Agustus 2018   14:06 0 2 1 Mohon Tunggu...
Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web
Gambar: TOG Indonesia

Tahukah kamu tampilan desain situs web yang sekarang ini tidak sama seperti yang dulu? Pada saat itu website hanya sebatas teks dengan link berwarna biru untuk mengaitkan antara satu halaman dengan halaman lain, tampilannya pun masih standar saja, belum ada kolom, hanya teks yang tersusun kebawah saja. Barulah setahun kemudian dikenal tabel untuk membuat layout, dengan tabel layout website bisa dibuat menjadi kolom-kolom.

Internet adalah suatu penemuan yang relatif baru tetapi seseorang yang memiliki banyak hal! Tetapi internet telah mengubah cara hidup kita dan telah bertanggung jawab atas penciptaan ribuan pekerjaan yang tanpa dia tak akan pernah ada.

Salah satu kategori pekerjaan itu adalah desain web, sesuatu yang akan sangat kita rindukan jika hilang. Apa yang akan kita lakukan tanpa animasi? Latar belakang yang penuh warna, tulisan mewah dan musik yang diputar di latar belakangnya?

Kapan ini terjadi ?

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mengembangkan browser web pertama, dan itu disebut World Wide Web, meskipun kemudian diganti namanya menjadi Nexus. Pada saat itu, hanya teks yang dapat ditampilkan di halaman web. Tidak ada font yang mewah, tidak ada gambar atau video yang menarik, hanya teks biasa sederhana, dengan tautan yang digarisbawahi dengan warna biru.

Pada tahun 1993, ketika Mosaic dirilis, browser web pertama yang memungkinkan pengembang menambahkan gambar ke halaman web mereka. Mampu mendukung gambar .gif dan formulir web, suatu lompatan besar ke depan untuk masa itu.

Desain tidak brilian karena kendala peramban dan terbatasnya pemrogram bandwidth daripada perancang yang mendesain sebagian besar situs web.

Pertengahan 1990-an hingga 2000

Pada pertengahan tahun 90-an, Netscape adalah peramban web teratas tetapi segera roboh setelahnya oleh Internet Explorer dan memulai perang peramban. Sekitar waktu ini, desain web mulai menjadi sedikit lebih kompleks, menggunakan bingkai dan tabel serta gambar. Gambar .gif animasi dapat digunakan untuk membuat tombol di situs dan JavaScript mulai muncul di beberapa situs web. 

Dari tahun 1998, kami mulai melihat pengenalan perangkat alat pengembangan web. Ingat tentang DreamWeaver? Go Live? Ini mulai menjadi lebih populer karena mereka memberi lebih banyak pengguna akses ke pembuatan halaman web. Pekerjaan di desain situs web mulai berkembang karena lebih banyak desainer ditawari pekerjaan untuk membangun situs web. Teknologi flash juga dibuat penampilannya selama era desain situs web meskipun tidak terlalu populer untuk awal-awal.

Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web steemit.com
Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web steemit.com

2000 -2004

Pada tahun 2000, beberapa ratusan ribu bisnis web tiba-tiba jatuh. Namun, ini hanya bersifat sementara dan tidak berlangsung lama. Standar desain web mulai meningkat lagi. Sekarang kita mulai melihat kelas desain yang lebih baik. 

Kita punya desain yang tidak berdasarkan tabel, kita mendapat transparansi dengan gambar .png dan CMS mulai tumbuh dalam popularitas. Content Management System adalah program yang memungkinkan desainer mempublikasikan konten di web. Mereka dapat kembali dan mengedit apa yang telah mereka terbitkan dan memodifikasinya sesuai keinginan mereka.

2004 -- 2007

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2