Mohon tunggu...
Heru Nur Krisna
Heru Nur Krisna Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - TIM 2 KKN UNDIP 2020/2021

Seorang mahasiswa tahun akhir yang lagi KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Lingkungan Nyaman, Sehat Fisik dan Mental

11 Agustus 2021   08:22 Diperbarui: 11 Agustus 2021   08:31 89 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lingkungan Nyaman, Sehat Fisik dan Mental
Lingkungan Balai RW 02 Kelurahan Kedungmundu (Dokpri)

Pandemi COVID-19 yang belum lekas usai telah membuat masyarakat lelah baik secara fisik mau pun secara psikologis. Hal ini juga terjadi dilingkungan masyarakat sosial RW 02 Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

Lelahnya masyarakat ini dipicu kekhawatiran masyarakat terhadap penyebaran virus COVID-19 di lingkungan sekitar secara berlebihan. Selain itu dampak pandemi terhadap perekonomian warga memperparah keadaan karena kurangnya pendapatan sedangkan kebutuhan untuk pengeluaran semakin banyak dan tinggi.

Dijelaskan oleh Agung (2020) dalam jurnal Psikobuletin tentang "Memahami Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Psikologi Sosial", penyebaran Pandemi COVID-19 secara cepat dan luas mengakibat perubahan signifikan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Pandemi psikologi COVID-19 telah "menyebarkan" ketakutan, kecemasan dan kepanikan secara cepat di seluruh dunia. 

Ada beberapa dinamika psikologi pandemic COVID-19 yang menjadi perhatian dalam perspektif psikologi sosial, yaitu pengolahan informasi dan bias kognisi, perubahan emosi dan perilaku, serta perngaruh sosial dan konformitas. Dinamika psikologi itu tidak lepas dari interaksi antara karakteristik personal (kepribadian, nilai, pengatahuan), situasi (budaya, norma, agama), dan kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

Masalah lain yang dampak dari pandemi sendiri adalah perawatan sarana umum yang mangkrak karena masyarakat masih khawatir terhdap penyebaran COVID-19. Hal ini di RW 02 yaitu sepinya dan kurang terawatnya Balai RW 02. 

Hal ini dipaparkan oleh Ketua RW 02 Kelurahan Kedungmundu, Sigit Purnomo (34) menyatakan bahwa Balai RW 02 yang merupakan pusat kegiatan warga bukan hanya RW 02 tetapi warga Kedungmundu dikala pandemi yang merebak ini menjadi sepi dan kurang terawat, sehingga sarana umum seperti Lapangan Batminton, PAUD, Posyandu, dan Taman PKK jarang yang menggunakan. 

Perlu dilakukan tindakan perawatan terhadap masalah ini sehingga melalui tindakan tepat warga dapat tetap menggunakan dan merawat Balai RW 02 kembali walaupun ditengah pandemi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Menjawab masalah ini Tim 2 KKN UNDIP 2020/2021 mulai melakukan penataan dan perawatan lingkungan Balai RW 2 Kelurahan Kedungmundu dalam menjaga fasilitas masyarakat di masa pandemi. Kegiatan yang dilakukan meliputi:

1. Pembersihan Balai

Pembersihan Balai RW 02 pada saran umum sehingga akan dapat memunculkan kesan bersih, terawat, dan nyaman. Penataan dan perawatan lingkungan Balai ini akan dapat menjadi media untuk melakukan terapi secara psikologis berkaitan perubahan perilaku sosial yang bersumber dari efek masa pandemi terhdap emosi warga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan