Mohon tunggu...
Teguh Nugroho
Teguh Nugroho Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Pecinta traveling, jelajah kota, arsitektur, interior - eksterior :D

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Sulap Hunian Menjadi Home-Office yang Nyaman

6 Agustus 2015   11:02 Diperbarui: 6 Agustus 2015   12:41 92 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Sulap Hunian Menjadi Home-Office yang Nyaman! [sumber: furniturefashion.com]"][/caption]

Anda bekerja sebagai freelancer? Atau malah memiliki sebuah usaha freelance? Sebagai seorang freelancer, tentu Anda belum memiliki gedung kantor atau tempat bekerja lain yang permanen.

Anda bisa saja menyewa ruko atau co-working space (yang saat ini sedang menjadi tren), namun tentu akan menyedot dana. Padahal, dana yang Anda pegang selalu berubah-ubah setiap bulan. Pendapatan yang Anda miliki saat ini, bisa saja menurun pada bulan berikutnya karena berkurangnya jumlah klien atau proyek. Ada yang menyiasatinya dengan bekerja dari café ke café, namun suasananya tentu kurang kondusif. Selain itu, café juga memiliki keterbatasan dalam hal jam beroperasi dan fasilitas pendukung.

Nah, daripada harus membayar biaya sewa ruko, atau repot-repot mencari co-working space dan café yang nyaman, kenapa tidak menyulap rumah sendiri menjadi sebuah home-office (kantor rumahan)?

[caption caption="Tempatkan rak penyimpanan menempel di dinding bagian atas [sumber: homedesigninspirations]"]

[/caption]

Ya, rumah Anda dapat disulap menjadi sebuah home-office sebagai tempat Anda dan tim bekerja selama kapan pun Anda mau. Membuatnya pun tidak sulit, hampir sama dengan merancang ruang-ruang lainnya di rumah Anda. Selain fleksibel dalam hal waktu, Anda dan tim akan memiliki tempat kerja permanen yang nyaman, kondusif, dan hemat biaya.

Desain home-office dapat Anda sesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Anda dapat membuatnya di dalam sebuah ruang persegi atau ruang yang memanjang. Bagaimana pun kondisi ruangannya, pilihlah jenis meja memanjang, bukan meja individual seperti di kantor-kantor konvensional. Meja memanjang dapat digunakan bersama-sama sehingga lebih ringkas!

[caption caption="Desain home-office dengan rak vertikal di sudut meja [sumber: allaboutinteriors.org]"]

[/caption]

Untuk home-office dengan ruangan persegi, tata meja dengan bentuk Letter U (memiliki tiga sisi), Letter L atau bentuk siku, atau saling membelakangi. Sesuaikan dengan jumlah tim yang Anda miliki. Bentuk Letter U pas jika Anda memiliki tim yang agak banyak, di atas 6 orang. Pastikan bahwa meja di home-office Anda dilengkapi dengan laci sebagai tempat penyimpanan masing-masing orang.

Pasangkan meja dengan kursi-kursi kerja yang nyaman. Sebaiknya, gunakan jenis kursi beroda sehingga ruangan lebih fleksibel lagi untuk ditata. Namun, tidak masalah juga bila Anda memilih kursi konvensional tanpa roda, asal tetap nyaman untuk digunakan. Hindari kursi kayu yang keras karena akan membuat Anda tidak betah duduk berlama-lama. Pilih kursi modern yang ringkas dan ringan!

[caption caption="Desain home-office di ruangan yang memanjang. [sumber: digsdigs.com]"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN