Mohon tunggu...
M Tamamun  Niam
M Tamamun Niam Mohon Tunggu... Full Time Blogger - https://misterkom.com/

ada sesuatu yang ingin diungkapkan https://misterkom.com/

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen | Sang Agitator, Ir Soekarno

14 Januari 2020   07:03 Diperbarui: 14 Januari 2020   12:43 2803
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bapak berkata 'kau dapat menerangkan arti kata-kata Tat Twan Asi, Tat Twam Asi? Artinya, dia adalah aku dan aku adalah dia; kau adalah aku dan aku adalah kau. Apakah tidak kuajarkan kepadamu bahwa ini  mempunyai arti penting?'

Maksudnya adalah , Tuhan berada dalam kita semua dan kita harus melindungi makhluk Tuhan.

Bapak menaruh harapan yang besar pada diriku,  ia ingin mengirimku ke sekolah tinggi Belanda, untuk itu aku terlebih dahulu dimasukkan ke sekolah rendah Belanda. Masalahnya adalah saat itu aku belum terlalu menguasai bahasa Belanda, akan tetapi bapak mampu mengatasinya, meskipun bapak bukan tergolong orang yang kaya namun bapak menyewakan guru bahasa Belanda di ELS bernama Jaffrouw Maria Paulina De La Reviere untuk memberikan pelajaran Khusus untukku 1 jam setiap hari.

Seusai tamat sekolah rendah, bapak memasukanku ke sekolah tertinggi di Jawa Timur, Hogere Burger School(HBS) di Surabaya, aku di titipkan di rumah H.O.S. Tjokroaminoto, Pak Tjokro adalah kawan Bapak di Surabaya.

'Tjokro adalah pemimpin politik di Jawa. Walaupun kau akan mendapat pendidikan Belanda, bapak tidak ingin kau menjadi orang yang kebarat -- baratan. Karena itu, kau kukirim kepada Tjokro, orang yang dijuluki oleh Belanda sebagai raja jawa yang tidak dinobatkan. Bapak ingin kau tidak melupakan bahwa warisanmu adalah untuk menjadi Karna kedua.' Begitulah pesan bapak kepadaku "

"menjadi Karna kedua? Maksudnya apa bung?" tanyaku menyelah bung karno yang tengah menceritakan kisah masa mudanya.

"Bapak memberiku nama sukarno, Awalan 'Su' pada sebagian besar nama orang Jawa berarti baik dan paling baik. Sedangkan 'Karna' merupakan salah satu pahlawan terbesar dalam cerita Mahabharata. Ia  adalah orang yang sangat kuat dan sangat besar, ia juga setia terhadap teman-temannya dan keyakinannya tanpa memedulikan akibat. Ia terkenal karena keberanian dan kesaktiannya, Karna adalah pejuang bagi negaranya dan petriot yang taat kepada Tuhan. Bapak benar-benar menaruh harapan yang besar dalam diriku" Jawab Bung Karno.

"Dan kini harapan itu benar-benar terwujud Bung, Bapak Anda pasti sangat bahagia" Sautku.

"akupun berharap demikian, pasalnya waktuku banyak kuhabiskan untuk Negeri ini dibandingkan utuk keluargaku.

"Bagaimana Bung bisa begitu mencintai negeri ini?, nasionalisme Bung begitu luar biasa." Tanyaku dengan kagum.

"sewaktu di Surabaya aku sangat mengidolakan sosok Pak Tjokro. Ia adalah pemimpin Sarekat Islam. Ia mengajariku tentang apa dan siapa dirinya, bukan apa yang diketahui ataupun masa depannya. Dimataku Pak Tjokro adalah tokoh yang mempunyai kreativitas dan cita -- cita besar. Pak Tjokro adalah pejuang yang mencintai tanah airnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun