Mohon tunggu...
M Tamamun  Niam
M Tamamun Niam Mohon Tunggu... https://misterkom.com/

ada sesuatu yang ingin diungkapkan https://misterkom.com/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

5 Cara Membedakan Charger Smartphone Asli atau Palsu dengan Mudah

28 Desember 2019   17:27 Diperbarui: 28 Desember 2019   17:30 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Membedakan Charger Smartphone Asli atau Palsu dengan Mudah
Sumber: gizbot.com

Ketika membeli charger baru jangan tertipu dengan harga, kamu harus tetap tetap perhatikan kualitas charger yang kamu beli. kali ini saya akan berbagi cara untuk membedakan charger smartphone asli atau palsu.

kualitas carger adalah suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, pasalnya nyawa smartphone terletak pada baterai sehingga harus lebih diperhatikan, jadi supaya Baterai tetap dalam kondisi yang bagus maka salah satu aspek yang harus diperhatikan kualitas charger.

Memangnya Kenapa harus memperhatikan kualitas charger ? ya, tentu saja sebab terdapat banyak Charger tiruan atau charger palsu jadi kamu harus bisa membedakan charger asli dan charger tiruan.

ketika kamu membeli smartphone baru maka kamu juga pasti mendapatkan charger sekaligus, akan tetapi bagaimana jika charger bawaan tersebut rusak, tentu saja kamu harus beli yang baru.

Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

walaupun penggunaan charger palsu tidak dirasakan secara langsung namun biasanya akan di rasakan baik cepat atau lambat. contohnya adalah baterai smartphone menjadi kembung. salah satu pemicu batrai kembung adalah karena pengisian yang lambat dan mengakibatkan suhu smartphone meningkat sehingga memicu batrai kembung.

1. jangan terkecoh harga

jual beli apapun itu, harga adalah cara yang paling ampuh untuk memikat pembeli. jangan mudah tergoda oleh murahnya harga charger, kamu harus menyadari bahwa beberapa komponen di dalam charger yang seharusnya untuk safety, daya tahan dan kesetabilan ditiadakan untuk menekan harga charger menjadi murah.

2. Bedakan dengan adapter yang asli

untuk membedakan charger asli dengan palsu kamu perlu membawa adapter charger smartphone kamu yang asli untuk melihat kesamaan dan perbedaan dari segi fisik dengan adapter charger yang mau kamu beli.

perhatikan desain, tulisan -- tulisannya dan juga perhatikan bentuk atay struktur dari port USB pada adapter, jika memang charger palsu maka kamu akan menemukan perbedaan yang mencolok dengan charger asli.

3.  perhatikan Kabel USB

untuk membedakan charger asli dan palu Selain dilihat dari adapter charger, kamu juga perlu  kabel USB bawaan smartphone kamu dengan kabel USB yang kamu beli. Karena selain berfungsi untuk mengisi ulang baterai, kabel USB smartphone juga dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone ke komputer.

kabel USB palsu biasanya memiliki colokan yang lebih panjang panjang dan tebal serta warna yang lebih gelap. jika kabel USB itu palsu maka tidak hanya mempengaruhi saat mengisi daya baterai smartphone tetapi juga mempengaruhi saat dihubungkan dengan komputer.

4. Menggunakan  Aplikasi Bantuan

untuk memastikan keaslian charger yang kamu beli dan menghindari charger palsu, kamu bisa menggunakan aplikasi ampere, aplikasi ampere adalah aplikasi yang dapat menghitung besaran daya yang masuk ke smartphone ketika smartphone di charger.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN