Mohon tunggu...
Tjitjih Mulianingsih Ws
Tjitjih Mulianingsih Ws Mohon Tunggu... Guru - Guru yang menyukai menulis dan berkebun

Guru yang menyukai menulis dan berkebun

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Resolusi Baruku adalah Peduli Lingkungan

1 Januari 2020   08:55 Diperbarui: 1 Januari 2020   19:58 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Resolusi 2020 (doc Pribadi)

Selamat pagi. Di hari pertama tahun 2020 apa yang pertama anda lakukan ketika mata baru saja terbuka? Yang kedua? Yang ketiga? atau anda melakukannya biasa saja sama seperti hari-hari lainnya?  

Tidak penting sebenarnya pertanyaan itu ya? Karena sebenarnya setiap hari begitu mata terbuka maka hal yang pertama yang harus dilakukan adalah berucap syukur "Alhamdulillah" atas nafas yang masih diberikan.

Sudah dibuka resolusi-resolusi tahun 2019 nya? Berapa yang sudah tercapai atau berapa yang harus anda masukkan kembali sebagai bentuk daur ulang resolusi 2020?  

Saya ingin bercerita sedikit pengalaman tentang resolusi-resolusi 2019 dan apa yang saya tambahkan di resolusi 2020.  Tadi malam saya bersama putri saya yang paling kecil membuka resolusi-resolusi yang kami buat di akhir tahun 2018.  Seperti biasa tentu saja selalu ada resolusi yang belum tercapai sehingga di daur ulang menjadi resolusi tahun 2020, di daur ulang maksudnya tahun saja yang saya ganti hahaha.

Perbedaannya resolusi-resolusi yang saya daur ulang itu saya baca kembali dengan volume tinggi, kemudian perlahan-lahan saya baca pelan dengan mencoba meresapi dan berharap semoga di tahun 2020, Allah memberikan kemudahan untuk mencapainya.

Yang berbeda dari resolusi-resolusi di tahun sebelumnya adalah saya memasukkan beberapa resolusi yang tidak hanya berpengaruh kepada saya dan keluarga tetapi juga ke lingkungan.  Tepatnya resolusi yang peduli lingkungan.  Mungkin sedikit sekali pengaruhnya, akan tetapi sesuatu yang besar bukankah dimulai dari yang kecil?

Resolusi saya yang berbeda  di tahun 2020 adalah;
1. saya akan lebih disiplin untuk membawa tumbler atau wadah minum sendiri. Saya tidak akan membeli lagi air minum kemasan, terutama air mineral.
2. Saya akan mulai membawa wadah sendiri jika membeli makanan yang saya tahu pasti dikemas dengan menggunakan wadah styrofoam.
3. Saya akan mulai dengan ketat membawa kantung belanja sendiri jika membeli sesuatu di pasar, mini market atau supermarket.
4. Saya akan menanam pohon atau setidaknya tanaman di pot setiap bulan 1 tanaman. Kali ini saya mengkhususkan menanam tanaman yang berkhasiat menjadi obat-obatan.

Nah, itulah resolusi-resolusi saya yang tentang peduli lingkungan.  Recehan sepertinya, tapi siapa tahu bisa jadi jutaan nantinya.

Bagaimana dengan anda? Sudah membuat resolusikah? Kalau belum, mungkin saran saya mengenai resolusi yang mulai peduli lingkungan bisa menjadi ide dan syukur-syukur bisa dicontek.  Saya ikhlas dunia akhirat kalau dicontek.  Jangan lupa, masalah lingkungan hidup akan semakin berat di tahun 2020.  

Jadi, kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri, lantas siapa lagi?

Akhir kata selamat menulis resolusi bagi yang suka menulis resolusi, selamat tahun baru 2020. Damai dan sejahtera untuk kita semua bangsa Indonesia.  

Karawang, 1 Januari 2020

Tjitjih Mulianingsih WS

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun