Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Meratapi Nasib Tak Akan Mengubah Apapun

10 Mei 2023   20:07 Diperbarui: 10 Mei 2023   20:10 484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.shutterstock.com

Betapapun mulianya hati seseorang ingin membantu mengubah nasib kita,tetap saja tidak mungkin dapat dilakukan. Bahkan sebagai orang tua,kita tidak dapat mengubah nasib anak anak kita. Yang dapat dilakukan hanyalah membantu dari berbagai sisi. Baik membantu dari segi keuangan,maupun saran dan nasihat. Tetapi,jalan untuk mengubah nasib ada pada tangan masing masing orang. Seperti kata pribahasa :" My destiny is in my hand and your destiny is in your hands" 

Jangan Pernah Meremehkan Diri Sendiri

Saya pernah membaca curhat atau omelan dari salah seorang anak sahabat saya :" Sukses ? Kalau orang sudah sukses memang enak memberikan petuah begini dan begitu. 

Saya terlahir dari keluarga miskin. Mau sukses gimana lagi?" Sebut saja namanya Freddy.  Sesungguhnya, saya bukan termasuk orang yang kepo suka ikut campur urusan orang lain. Karena keluarga kami sendiri,jauh dari sempurna. Tapi mengingat Freddy adalah putra sahabat saya almarhum.maka saya sempatkan untuk memberikan masukan kepadanya,bahwa saya pribadi,berasal dari keluarga miskin.

Kami sekeluarga lahir dalam keluarga miskin. Total 11 orang bersaudara. Pekerjaan ayah kami almarhum adalah sebagai Sopir Truk dan kemudian alih profesi sebagai Kusir Bendi.Tapi kemiskinan dan kemelaratan bukanlah berarti orang tua tidak mampu mendidik anak anaknya. Walaupun ayah kami almarhum adalah Kusir Bendi dan ibu almarhumah hanya sekolah di Madrasah di kota kecil Payahkumbuh, tapi kelak dari antara kami bersaudara ada 3 orang pengusaha nasional. Adik saya pemilik kapal antar pulau. Kakak saya yang nomor 5 Pemilik beberapa bioskop di Sumatera Barat.Yang lainnya memilih jalan hidup sendiri, tapi tak seorangpun yang terlantar.

Setelah saya jelaskan biografi perjalanan hidup saya,baru Freddy terdiam dan mendengarkan dengan serius.  Setidaknya kisah hidup sejati saya telah mampu membangunkan Freddy dari keterpurukannya dalam keluh kesah berkepanjangan

Password untuk Mengubah Nasib 


  • Percaya diri
    Berani bermimpi besar
    berani keluar dari zona aman dan nyaman
    berani mengambil resiko
    kerja keras dan pantang menyerah
    mau belajar dari siapapun

Saya yakin, ada banyak lagi"Freddy"lainnya,yang tenggelam dalam keluh kesah berkepanjangan. Semoga tulisan sederhana ini mampu membangunkan orang yang bermimpi buruk dan segera berbenah diri

Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih hanya dengan berharap dan berdoa,melainkan harus diiringi dengan tekad dan kerja keras

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun