Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Inilah Pelajaran Paling Berharga tentang Arti Puasa

31 Maret 2023   19:18 Diperbarui: 31 Maret 2023   19:22 1033
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi

Yang Tak Akan Pernah Saya Lupakan Sepanjang Hayat

Dalam perjalanan hidup, saya selalu berpedoman untuk belajar dari siapapun yang dapat menambah wawasan saya dalam memaknai arti kearifan hidup. 

Ternyata ,hingga berusia 80 tahun,pelajaran paling berharga tentang hidup,khususnya tentang mengaplikasikan hidup berbagi ,saya dapatkan dari sosok yang sangat  sederhana. Tidak mengenal digitial dan sama sekali tidak tersentuh oleh kemajuan zaman

Pertama dari Pak H. Syaifullah yang mengantarkan kepada saya :" Untuk menerapkan hidup berbagi, tidak harus dengan orang sesuku dan seiman"

Yakni sewaktu jembatan perjalanan Medan ke Padang terputus. Bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Saya diajak makan nasi sebungkus berdua.

Pelajaran hidup kedua,yakni seorang nenek yang bernama Halimah.

Makanan bisa basi,tetapi pelajaran hidup tak pernah akan basi (tjiptadinata effendi)

Karena mungkin kisah ini sudah pernah saya tuliskan,maka tentu tak elok saya re-write secara utuh,karena hanya akan menghadirkan rasa jenuh bagi para pembaca. Karena itu,saya tuliskan sekilas tentang background ,hubungan saya dengan bu Halimah.

Pada waktu itu, saya duduk sebangku dengan bu Halimah di Bis ALS.

Kondisi saya lagi demam,tapi tubuh saya mengigil. Isteri saya sudah menyarankan ,agar saya jangan berangkat. Tapi karena merasa sayang ,uang tiket bis hangus ,maka saya memaksa diri untuk tetap berangkat. Tapi diperjalanan, kendaraan mengalami kerusakan . Semua  penumpang diminta turun . Dengan terpaksa saya juga turun. Mencari pohon besar dan dengan beralaskan jaket lusuh saya baringkan tubuh. Tanpa sadar,saya tertidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun