Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sahabat Penulis Jangan Anggap Sepele Hal yang Satu Ini

27 Januari 2023   20:41 Diperbarui: 28 Januari 2023   04:30 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: thinkstock.photo via kompas.com

Akibat Anggap Remeh, Saya Berperkara Hingga Ketingkat Mahkamah Agung R.I

Belakangan ini, semangat para Penulis di Kompasiana untuk menulis ,serta membukukan karya tulisnya ,tampak sangat mengebu ngebu. Dimotivasi oleh Kompasianer Thamrin Dahlan dan Kompasianer Wijaya Kusuma yang dikenal sebagai Omjay dan banyak lagi yang tidak dapat disebut namanya satu persatu.

Salah seorang Kompasianer, Rudy Gunawan yang lebih dikenal dengan sebutan :"Acek Rudy" secara luar biasa menuntaskan sebuah karya tulis dan dalam proses penerbitan hanya dalam waktu 30 hari.

Tentu saja hal ini,bukan hanya merupakan kebanggaan pribadi ,tapi juga sekaligus merupakan kebanggaan dan kebahagiaan keluarga. Saya sudah merasakannya,karena 10 judul karya tulis saya sudah diterbitkan oleh PT Elekmedia Komputindo. Bahkan termasuk dalam kriteria National Best Seller. Tapi itu kisah masa lalu dan kini hanya tinggal kenangan indah bagi saya dan isteri,serta anak mantu dan cucu cucu. Kelak kalau cicit cicit kami sudah bisa membaca,mereka juga pasti akan bangga bahwa Engkongco  mereka adalah Penulis buku. 

Kalau buku diterbitkan oleh Penerbit Mayor,tentu saja kita tidak perlu sibuk mengurus hak ciptanya,karena pihak penerbit lebih paham akan hal tersebut.

 Tetapi bila dicetak secara pribadi atau penerbit Indie ,maka perlu diingat untuk memproteksi karya tulis kita dengan mendaftarkannya ke  Kantor Departemen Kehakiman dan HAM R.I. ,yang berlokasi di jalanDaan Mogot Km.24 Tangerang.(untuk alamat terkini,silakan ditanyakan langsung,apakah sudah pindah ataukah masih di lokasi lama).

Sebelum mendaftar, sebaiknya telpon dulu,agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga tidak perlu bolak balik kesana kemari . Telpon yang bisa dihubungi :021- 5524839/5525388/5524992/55796586 atau website : http://www.dgip.go.id

Dokpri
Dokpri

Biaya Pengurusan 

Saran saya,uruslah sendiri, jangan pakai calo,sehingga kita tahu persis ,seluk beluknya. Setelah melengkapi semua persyaratan,maka kita sudah dapat mendaftarkannya dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.75.000  per satu karya tulis. Jangan lupa melampirkan 2(dua) copy dari hasil karya kita. Maka kepada kita diberikan satu kwitansi yang berbunyi: “Bukti Pembayaran Permohonan Pendaftaran Suatu Ciptaan” Sesudah itu ,simpan bukti ini dengan baik dan sabar menunggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun