Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menemukan Ide yang Terserak (Bagian Keempat)

7 Januari 2023   20:08 Diperbarui: 8 Januari 2023   04:20 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pohon Psang Bermanfaat Dari A to Z

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal,tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan bukan hasil kajian ilmiah ataupun  hasil researh resmi. Sebagai orang awam. manfaat yang jelas adalah bahwa makan pisang dapat mengenyangkan perut.Dimakan mentah boleh,direbus juga no problem.di goreng tentunya aduhai. Apapun bentuknya,yang pasti makan pisang perut kenyang . Kulit Pisang tidak dibuang karena menjadi santapan lezat bagi ayam peliharan saya. Ayam ini saya dapatkan terhanyut dibawa banjir. Bahwa dalam daging buah pisang ada kandungan vitamine A to Z dalam buah pisang ,itu urusan para ahli. 

Dihalaman belakang rumah orang tua kami,karena saya bersaudara total 11 orang termasuk diri saya,maka saya sebutkan "rumah orang tua kami" cukup luas,Karena pada waktu itu,daerah Pulau Karam masih sepi, Tidak ada orang dari luar kota yang mau beli tanah di daerah ini,karena sering kebanjiran. Nah,ditanah inilah tumbuh puluhan  pohon pisang . Sehingga hampir setiap minggu  ada saja buah pisang yang siap di panen. 

Pohon pisang yang sudah berbuah dan buahnya dipanen,pohonnya ditebang. Daun pisang tidak dibuang,melainkan dikumpulkan dan digunakan untuk bungkus aneka ragam kue .Bila ada kelebihan bisa dijual di pasar Pacipda waktu itu,daun pisang laris manis,karena rata rata Nasi Padang yang dijual untuk take away,dibungkus pakai daun pisang. 

Daun pisang yang bersentuhan dengan nasi hangat hangat,menciptakan aroma yang sedap. yang hanya dapat dirasakan oleh orang yang sudah pernah makan nasi Padang yang dibungkus dengan daun pisang. Pada waktu  itu,belum ada nasi kotak.,semua bersifat alami. Bahkan daun yang sudah kering juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus kipang kacang. Di kota Payakumbuh,galamai dibungkus dengan daun pisang kering .

Batang Pohon Pisang Dijadikan Rakit 

Batang pohon yang buahnya sudah dipanen,tidak dibuang begitu saja,melainkan di potong untuk dijadikan pembatas antara rumpun yang satu dengan rumpun lainnya.Sehingga tanah yang ditambahkan ,menumpuk di rumpun pohon pisang. Sewaktu waktu di Pulau Karam bisa terjadi banjir,karena lokasinya berdempetan dengan kali cukup besar walaupun namanya Kali Kecil .Menyambung dengan Sungai Batang Arau.

Nah,kalau banjir tiba,dimasa itu mana ada yang namanya Perahu karet? Maka batang pohon pisang yang sudah dipotong potong di pertautkan dengan bambu atau kayu,sehingga dapat dimanfaatkan seperti rakit .Bahkan akar batang pisang juga sangat banyak manfaatnya. Jadi tidak berlebihan bila dikatakan,bahwa pohon pisang memiliki khasiat A to Z.dari buah,daun dan batang ,hingga keakar akarnya.

Kilat balik dalam kehidupan

Menyaksikan bahwa pohon batang pisang yang sudah berbuah dan dipanen, ternyata daunnya dan batangnya masih dimanfaatkan.,masa iya manusia yang sudah meninggal mau "dikomposkan?" Berarti pohon pisang lebh berharga daripada seorang manusia ? Hanya sebuah kilas balik dalam kehidupan diakhir pekan.

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun